07 November 2021, 17:54 WIB

Gajah Liar Rusak Lima Rumah Warga Di Bener Meriah


Amiruddin Abdullah |

KONFLIK gajah liar dengan manusia terjadi di pedalaman Aceh, kawasan Desa Ulu Naron, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Dua ekor gajah liar mengamuk dan menyerang permukiman warga yang membuat lima rumah warga hancur.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (6/11), sekitar pukul 03.30 Wib. Saat itu dua gajah liar keluar dari hutan sekitar lereng perbukitan dan memasuki kawassn pekarangan penduduk.

Tidak diketahui sebabnya, hewan bertubuh besar itu langgsung menyerang rumah dan mebrsk abrik bagian daput. Begitu mengetahui kehadiran binatang liar tidak diundang itu, warga yang masih tidur di dalam rumah ketakutan.

Sebagian mereka berusaha keluar rumah dan lari menyelamatkan anak-anak. Sebagian lainnya yang terjebak terkepung gajah, harus bersembunyi
dalam kamar rumah.

"Mengintip dari dalam rumah, awalnya gajah mondar-mandir di luar rumah. Tiba-tiba terdengah suara keras ketika gajah merusak bagian dinding dapur belakang. Karena itu kami bersama isteri dan dua anak langsung lari keluar untuk menyelamatkan diri" tutur Dahri, warga Desa Ulu Naron, Kecamatan Pintu Rime, Kabupaten Bener Meriah, Minggu (7/11).

Dikatakannya, ada lima ekor gajah liar sejak sebulan terakhir keluar masuk lokasi perksmpungan setempat. Akibatnya sudah lima unit rumah warga rusak diserang hewan berbelalai itu.

Tiga unit rusak berat dan dua lagi rusak ringan. Itu sebabnya mereka harus mengungsi ke rumah famili atau rumah warga lainnya. Karena ketakutan atau diselimuti rasa trauma setelah dikepung gajah. (OL-15)

BERITA TERKAIT