02 November 2021, 22:44 WIB

Akses Menuju Lembang Dari Parongpong Dan Cimahi Terputus Akibat Longssr


Depi Gunawan |

AKSES jalan menuju wilayah Lembang, Jawa Barat dari arah Kecamatan Parongpong dan Cimahi maupun sebaliknya tidak dapat dilalui kendaraan karena terjadi longsor di Jalan Kolonel Masturi tepatnya di Kampung Keramat, Desa Cikahuripan, Selasa (2/11) malam.

Untuk sementara, kendaraan dari arah Parongpong maupun Cisarua dialihkan ke jalan Desa Cikahuripan menuju Manoko dan keluar di kawasan Mandarin. Sedangkan kendaraan dari Jalan Kolmas ke arah Beatrix dialihkan ke Patrol lalu keluar dari Terminal Ledeng.

Kapolsek Lembang, Komisaris Sarche Cristianty Leo Dima mengatakan, tebing yang diperkirakan setinggi 20 meter longsor sekitar pukul 17.30 WIB. Dalam peristiwa itu dipastikan tidak ada korban jiwa.

"Karena di atas tebing ada rumah warga, sudah kami sampaikan agar berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan. Alhamdulillah, penghuninya sudah diungsikan," kata Sarche di lokasi kejadian.

Kontur tanah tidak kuat menahan derasnya curah hujan yang turun sejak siang. Hingga malam, anggota kepolisian dibantu relawan menyingkirkan material tanah yang menutup akses jalan agar bisa segera dilalui kendaraan.

"Sekarang forum warga membantu mengevakuasi tanah longsor karena menutup jalan sehingga tidak bisa dilintasi baik kendaraan roda dua maupun roda empat," ujarnya.

Dirinya tidak bisa memprediksi kapan material longsor beres disingkirkan karena pembersihan hanya menggunakan alat seadanya. "Kami tidak bisa memprediksi jangka waktunya, karena pembersihan secara manual menggunakan sekop dan sebagainya. Kami mohon pihak terkait untuk cepat memberikan bantuan di lokasi," tuturnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT