01 November 2021, 22:46 WIB

Sungai Cibala Meluap, Sukanagara Diterjang Banjir Bandang


Benny Bastiandy | Nusantara

SEJUMLAH lokasi di Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diterjang banjir bandang, Senin (1/11) petang. Bencana terjadi akibat meluapnya Sungai Cibala bersamaan tingginya intensitas curah hujan selama beberapa jam.

"Iya, ini akibat meluapnya Sungai Cibala saat hujan deras," kata Kepala UPTD Pelayanan Infrastruktur Irigasi Wilayah V Sukanagara, MM Kurniawan saat dihubungi Media Indonesia, Senin (1/11).

Kurniawan menyebut terdapat tiga anak sungai di wilayah itu. Kondisinya tidak bisa menampung debit air saat hujan deras. "Karena debit air tinggi, dampaknya meluap," terangnya.

Kurniawan menjelaskan, informasinya, banjir bandang kerap terjadi saat hujan deras. "Petugas kami di lapangan sudah melakukan upaya penanganan," ungkapnya.

Namun, ia belum bisa menyebutkan berapa banyak titik lokasi atau jumlah rumah warga yang terendam luapan air. Hingga saat ini di lapangan masih dilakukan pendataan. "Nanti saya informasikan lagi kalau sudah ada data jelas," tegasnya.

Selain banjir, terjadi juga tanah longsor di Kampung Leuwibunder Desa Sukanagara. Material tanah longsor menutup ruas jalan menuju ke arah Kecamatan Kadupandak. "Dari Terminal Sukanagara ke arah Kadupandak. Paling sekitar 100 meter," terang Erfan, warga setempat, dihubungi melalui telepon selulernya. (OL-15)

BERITA TERKAIT