31 October 2021, 12:16 WIB

Harga Minyak Goreng Kemasan di Palangka Raya Naik Tajam


Surya Sriyanti | Nusantara

DALAM sepekan terakhir harga minyak goreng kemasan di Palangka Raya, Kalteng meningkat tajam. Untuk minyak goreng kemasan 5 liter mengalami kenaikkan cukup tinggi. Semula Rp75 ribu, saat ini naik menjadi Rp85 ribu. Kemudian untuk kemasan 2 liter dari Rp29 ribu menjadi Rp35 ribu dan kemasan 1 liter dari Rp 17 ribu menjadi Rp 20 ribu.

Dari pantauan di Pasar Kahayan, Jalan Mendawai Palangka Raya, Minggu (31/10) para pedagang mengatakan kenaikan harga minyak dalam kemasan sudah terjadi sejak sepekan ini.

Pedagang berkilah naiknya harga minyak ini karena harga beli mereka dari distributor juga naik. Selain itu  harga  ayam dan telur ikut merangkat naik. Untuk ayam ras dari harga Rp40 ribu per kg naik menjadi rp 45 per kg.

Mardiah, 45, pedagang sembako mengatakan, kenaikan harga ini karena dirinya membelinya dari distributor juga sudah naik jadi pihaknya tinggal menyesuaikan harganya.

Terjadinya kenaikan harga tentu saja membuat para pembeli menjerit, terutama ibu rumah tangga. Hal ini mengingat sebentar lagi akan dekat perayaan Natal yang tentunya kebutuahn akan bahan pokok meningkat seperti telur, minyak dan daging.

Risa, 30, warga jalan Garuda Palangka Raya mengatakan mulai naiknya harga kebutuhan ini akan menjadi beban tersendiri. Apalagi saat ini mendekati perayaan keagamaan yang tentunya permintaan semakin meningkat.

"Semoga kenaikan ini bisa diantisipasi pemerintah agar tidak semakin tak terkendali. Karena kalau harga tinggi dan permintaan banyak dikuatirkan harga semakin tak terkendali," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Perempuan Bangsa Ajak Bangkitkan Perekonomian Masyarakat

BERITA TERKAIT