28 October 2021, 17:44 WIB

Delapan Calon Rektor Unhas Lolos Psikotes dan Tes Kesehatan


Lina Herlina |

DELAPAN calon rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Sulawesi Selatan dinyatakan memenuhi syarat untuk melanjutkan tahap seleksi selanjutnya berdasarkan hasil Rapat Paripurna majelis Wali Amanat (MWA) Unhas.

Kedelapan calon rektor itu adalah Dekan FaKultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prof Armin, Dekan Fakultas Kedokteran Prof Budu, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof Abdul Kadir, Dekan Fakultas Hukum Prof Farida Patittingi, Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas Prof Jamaluddin Jompa, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof Indrianty, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Restu, serta Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Infrastruktur Prof Sumbangan Baja.

Ketua Majelis Wali Amanat Unhas, Syafruddin menegaskan telah menerima hasil uji kesehatan dan psikotes bakal calon Rektor Unhas. Kedelapan calon telah mengikuti seleksi dan seluruhnya dinyatakan berhasil memenuhi syarat untuk melanjutkan tahap seleksi selanjutnya.

"Dipastikan seluruh hasil keputusan dilakukan secara demokratis dan transparan serta tidak ada intervensi oleh pihak lain," tegas mantan  Wakapolri itu. Ia kemudian menyerahkan berkas dan berita acara daftar Bakal Calon Rektor kepada Ketua Senat Akademik Universitas Hasanuddin, Prof Dadang Achmad Suriamihardja.

Sebelumnya, Panitia Pemilihan Rektor (P2R) Universitas Hasanuddin  menggelar pemeriksaan kesehatan lengkap untuk para Bakal Calon Rektor  Unhas Periode 202 -2026 pada Sabtu (9/10) di Rumah Sakit (RS) Unhas,  Tamalanrea. Kemudian dilanjutkan dengan Asesmen Psikologis oleh Fakultas Psikologi UGM yang berlangsung selama tiga hari pada Senin (11/10) hingga Rabu (13/10) di Hotel Claro Makassar.

Ketua P2R Unhas, Prof Syamsul Bachri menyampaikan bahwa seluruh proses asesmen telah berjalan lancar yang diikuti delapan bakal calon Rektor. "Proses tersebut menjadi tahap penyaringan bagi seluruh bakal calon Rektor Unhas yang telah menjalankan tiga elemen pertimbangan pada kelengkapan syarat administrasi, hasil pemeriksaan kesehatan, dan hasil asesmen psikologi. Sehingga bermanfaat bagi MWA dalam menetapkan Bakal Calon Rektor," jelas Prof Syamsul.

Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menambahkan, bahwa seluruh pihak telah memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada tim RSP Unhas dan tim Asesmen Psikologis Fakultas Psikologi UGM yang telah terbukti berkompeten dengan kualitas maupun kualifikasinya.

"Dengan demikian hasil yang akan ditetapkan nantinya akan diterima  oleh sivitas akademika," pungkas Dwia yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Rektor Unhas periode kedua. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT