26 October 2021, 22:40 WIB

Produk Hasil Pertanian Klaten Layak Dijual di Pasar Ekspor


Djoko Sardjono | Nusantara

BANYAK produk unggulan hasil pertanian di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, layak dijual di pasar ekspor. Namun, aneka produk itu, selama ini belum mendapatkan ruang atau tempat untuk promosi.

Hal itu dikatakan Bupati Sri Mulyani pada pembukaan Bussines
Matching dan Promosi Produk Unggulan Hasil Pertanian Klaten di halaman Kantor Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan, Selasa
(26/10).

Karena itu, lanjutnya, pemkab berupaya membantu setiap permasalahan yang dihadapi produsen hasil pertanian. Kegiatan bussines matching dan
promosi produk hasil pertanian ini strategis untuk pemberdayaan UMKM.

"Tujuan bussines matching dan promosi produk unggulan hasil  pertanian yang digelar di DPKPP adalah untuk memperluas jaringan pasar produk hasil pertanian Klaten," katanya.

Menurut Sri Mulyani, banyak hal yang dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM dengan mengikuti event ini. Seperti menganalisa potensi pasar, serta daya saing produk dan jaringan pemasaran.

Untuk meraih pasar yang lebih luas, lanjut dia, tidak cukup dilakukan hanya dengan promosi tanpa upaya meningkatkan kualitas produk. Terlebih, saat ini persaingan antarprodusen semakin ketat.

"Jadi, untuk memperluas pangsa pasar, UMKM dituntut untuk memiliki
kemampuan dalam menghasilkan produk bermutu, harga bersaing, dan
jaringan pasar yang kokoh," kata Sri Mulyani.

Kepala DPKPP Widiyanti menambahkan, acara ini diikuti para pelaku UMKM. Kegiatan ini juga diisi pameran produk unggulan hasil pertanian Klaten. (N-2)

BERITA TERKAIT