26 October 2021, 20:15 WIB

Antisipasi Bencana di Musim Hujan, BPBD Kota Surakarta Bentuk Kelurahan Tangguh Bencana


Widjajadi | Nusantara

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah Kota Surakarta, Jawa Tengah, menggelar apel kesigaan menghadapi bencana di musim penghujan, Selasa (26/10). Apel dipimpin Wali Kota Gibran Rakabuming Raka

Gibran mengingatkan seluruh personil dan relawan BPBD untuk terus menggelar mitigasi kebencanaan dan kesiapan sarana dan prasarana. "Persiapan perlu sebagai bentuk kewaspadaan dan kesiagaan menghadapi potensi bencana alam banjir, longsor dan angin topan pada musim hujan ini."

Ia juga meminta BPBD terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya. Mereka harus kompak dalam menanggulangi bencana.


Gerakan mitigasi, lanjut putra Presiden Joko Widodo, itu, harus terus berjalan, supaya warga siap menghadapi potensi bencana alam di musim penghujan ini.

Peringatan harus dikedepankan. Pasalnya, sejumlah kelurahan di daerah ini, terutama di daerah aliran Sungai Bengawan Solo, sering diterpa  banjir dan tanah longsor, saat musim penghujan.

BPBD Kota Surakarta juga sudah membentuk Kelurahan Tangguh Bencana, sebagai salah satu langkah mitigasi dan antisipasi. Keberadaan Kelurahan Tangguh Bencana diharapkan bisa meminimalkan dampak bencana yang menerpa warga. Salah satunya sudah dibentuk di Kecamatan Pasar Kliwon, akhir September lalu.


Gibran mengakui pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana sangat positif.
"Saya mengapresiasi BPBD yang sudah mencanangkan Kelurahan Samanggi, Kedung Lumbu dan Mojo, sebagai Kelurahan Tangguh Bencana. Kegiatan mitigasi ini sangat membantu, sehingga warga di titik rawan bencana benar benar siap," tegas suami Selvi Ananda itu. (N-2)

BERITA TERKAIT