26 October 2021, 20:06 WIB

Pascabentrokan, Perguruan Silat se-Lamongan Deklarasi Damai


M Yakub | Nusantara

SEJUMLAH kalangan dan seluruh perguruan silat se-Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim) membuat deklarasi damai dan bertekat menjaga situasi di kabupaten setempat tetap kondusif. Kesepakatan damai tersebut difasilitasi Pemkab Lamongan, TNI, serta Polri.

Deklarasi damai ini dilakukan pascaterjadinya gesekan antarwarga saat dilangsungkan acara sebuah perguruan silat, Rabu (20/10) lalu. Dalam bentrok tersebut, tiga orang terluka.

Dalam komitmen bersama yang  tertuang dalam ketetapan ditegaskan seluruh perguruan silat saling bekerja sama untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban serta menjaga situasi yang kondusif di Kabupaten Lamongan.

Penandatanganan kesepakatan 'Bersama Jogo Lamongan Kondusif' itu  ditandatangani Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Kapolres AKB Miko Indrayana, Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Lamongan Deby Kurniawan, dan seluruh ketua perguruan silat se-Kabupaten Lamongan serta unsur ormas di Ruang rapat Airlangga Pemkab Lamongan, Senin (25/10).

Bupati Yuhronur mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Lamongan tak terkecuali perguruan silat untuk bersama saling menjaga kondusifitas Lamongan, sehingga terwujud suasana aman dan nyaman.

"Silaturrahmi ini adalah ikhtiar kita bersama untuk mencari sebuah upaya, yakni bersama-sama jogo Lamongan Kondusif. Lamongan yang selama ini sudah baik mari kita tingkatkan lagi," ungkap Bupati saat memberi arahan dalam Rapat Forkopimda Bersama Ketua Cabang/Ranting Perguruan Silat Se-kabupaten Lamongan.

Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono mengungkapkan akan terus melakukan berbagai upaya dalam menjaga Lamongan agar tetap kondusif.

"Kami akan terus fokus mencegah adanya konflik. Mencegah melalui berbagai rencana aksi, seperti fokus mencegah adanya konvoi. Adanya konvoi ini biasanya saat pengesahan warga baru, disadari atau tidak konvoi ini adalah pemicu terjadinya bentrok yang tidak diinginkan," ujarnya.

Hal senada disampaikan Kapolres AKB Miko Indrayana. Kapolres mengingatkan untuk bersama-sama menjaga dan mempertahankan nama baik Lamongan.

Sementara itu, Ketua IPSI Deby Kurniawan turut mengapresiasi upaya yang dilakukan Bupati serta jajaran forkopimda Lamongan atas dukungankepada perguruan silat Lamongan. Ia mengungkapkan akan turut mensukseskan Jogo Lamongan Kondusif. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT