26 October 2021, 17:34 WIB

Kebakaran Lahan Di Ogan Ilir Berhasil Dipadamkan


Dwi Apriani | Nusantara

KEBAKARAN hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) sejak kemarin, berhasil dipadamkan pada Selasa (26/10). Kebakaran menghanguskan sedikitnya 25 hektare lahan.

"Diketahui pada Senin (25/10) terjadi kebakaran lahan di dua lokasi yakni Desa Palem Raya, Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir seluas 15 hektare dan Desa Pulau Semambu seluas 10 hektare, " ucap Ansori, Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Selasa (26/10).

Ia menjelaskan, pagi tadi helikopter waterbombing sudah dikerahkan ke lokasi lahan terbakar. Hingga kebakaran berhasil dipadamkan.

"BPBD setempat bersama Manggala Agni sudah semaksimal mungkin dilakukan pemadaman oleh tim satgas darat. Namun memang karena lokasi sulit diakses darat, sehingga kita memaksimalkan dari udara, melalui waterbombing," jelasnya.

Ia menyebutkan area lahan yang terbakar bukan merupakan lahan gambut sehingga bisa cepat dikendalikan. Pihak BPBD mengerahkan tiga helikopter waterbombing dalam memadamkan karhutla tersebut.

"Di lokasi terbakar itu adalah semak rawa dan sawit. Alhamdulillah setelah waterbombing dijalankan, api padam dan sekarang tim masih melakukan pendinginan di lokasi kejadian untuk memastikan api tidak kembali muncul," jelasnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir, Ardha Munir menjelaskan, pihaknya sudah berupaya maksimal untuk memadamkan kebakaran di Palem Raya dan Pulau Semambu. Ada 25 hektare lahan non gambut yang terbakar.

"Petugas pemadaman darat terus berjibaku memadamkan api yang terus meluas. Luas lahan yang terbakar di Desa Pulau Semambu lebih kurang 10 hektare dan di Desa Palem Raya lebih kurang 15 hektare. Pagi tadi dengan bantuan helikopter waterbombing, kebakaran bisa dipadamkan, " ucapnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT