24 October 2021, 20:35 WIB

Nyekar ke Makam Bung Karno, Ganjar Bertemu Risma


Haryanto | Nusantara

GUBERNUR  Jateng Ganjar Pranowo mengunjungi Makam Bung Karno di Blitar, Minggu (24/10). Di lokasi itu, ia juga bertemu Menteri Sosial Tri Rismaharini yang sudah datang lebih dulu.

Ganjar yang mengenakan polo warna hitam, tiba di lokasi menjelang tengah hari. Ratusan orang langsung mengerubungi pria berambut putih itu. Mereka meminta foto bersama Ganjar.

Komplek pemakaman hari itu ramai sekali. Saat itu digelar acara bersih
makam yang dipimpin Risma. Begitu tahu ada Risma, Ganjar langsung
menghampiri. Saat itu Risma sedang duduk beristirahat.

"Pantesan rame sekali. Tibake ono njenengan nang kene (ternyata ada anda di sini)," kata Ganjar kepada Risma sambil mengatupkan kedua belah tangannya.

"Rame opo, aku wes rong dino nang kene (ramai apanya, saya sudah dua hari di sini)," jawab Risma.

Setelah menyapa singkat, Ganjar pun pamit menuju nisan MBK. Dia lalu nyekar dan memanjatkan doa. Sementara Risma bergeser keluar areal nisan berjalan menuju ke selatan.

Usai berziarah, Ganjar menjalankan ibadah salat zuhur di musala MBK.
Ganjar mengaku tidak ada agenda khusus ke MBK. Ia hanya berniat ziarah setelah sebelumnya mengunjungi Taman Anggrek Ranu Darungan di Lumajang.

"Ya cuma ziarah, tadi dari lihat anggrek terus ke sini," katanya.

Ganjar juga tidak janjian dengan Risma. Ia baru tahu ada Risma ketika
sampai makam.

Ganjar berharap dengan penataan MBK oleh Kemensos, semua bisa menjaga
kebersihan, merawat dan semua pengunjung bisa menikmatinya.

"Mboten janjian. Bu Risma kan sudah dua hari ini di sini. Beliau
kerjaannya top banget ini. Beresin ini itu. Ya kebetulan saja pas saya kesini ketemu. Eh terus Bu Risma kemana ya," katanya mencari keberadaan Risma.

Saat berziarah itu, Ganjar juga mendapat hadiah dari warga Blitar, berupa gambar sketsa wajah Ganjar dari goresan pensil di atas kertas.

Sang pemberi gambar itu bernama Charis. Warga Kota Blitar ini memang
seniman muda yang sering menggambar tokoh kenamaan.

"Saya memang mengidolakan beliau dan suka mengikuti sosmed Pak Ganjar, kebetulan dapat kabar beliau datang hari ini. Semalam saya kebut gambarnya, ya ini dadakan sebenarnya," kata Charis.

Ganjar mengaku senang mendapat hadiah tersebut. "Saya senang dapat hadiah dari warga Blitar. Ini suatu hadiah yang sangat berharga karena dibuat langsung dari tangan tangan kreatif warga Kota Blitar," jelasnya. (N-2)

BERITA TERKAIT