23 October 2021, 17:33 WIB

Dinkes Cianjur Gencarkan Gebyar Vaksinasi


Benny Bastiandy | Nusantara

GEBYAR vaksinasi covid-19 yang digelar di Sentra Layanan Gelanggang Generasi Muda (GGM) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (23/10), disiapkan berbagai jenis vaksin. Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa memilih jenis vaksin yang diinginkan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengatakan gebyar vaksinasi covid-19 merupakan upaya mempercepat cakupan. Pasalnya, saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Cianjur masih di kisaran 32%.

"Untuk hari ini memang tidak dibatasi jenis vaksin. Kami bawa semua mulai dari Sinovac, kemudian Pfizer, lalu Moderna. Masyarakat silakan bisa memilih," terang Yusman di sela kegiatan, Sabtu (23/10).

Gebyar vaksinasi covid-19 kali ini berkolaborasi dengan Polri dan TNI. Sekaligus juga menyiapkan tambahan tenaga vaksinator dari Pemkab Cianjur, TNi, serta Polri.

"Kuota yang kami siapkan sebanyak 4 ribu orang. Kegiatannya dilakukan bersama TNI dan Polri," tutur Yusman.

Yusman menuturkan peserta tak hanya dari Kecamatan Cianjur. Terdapat juga peserta dari Kecamatan Cugenang, Cipanas, serta Pacet. "Ada juga peserta dari Kecamatan Warungkondang, Sukaluyu, Ciranjang, Cibeber, dan Karangtengah," jelas Yusman.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan layanan vaksinasi tak hanya dilakukan di sentra-sentra yang ada di tingkat kabupaten maupun kecamatan. Dilakukan juga pola jemput bola pelayanan vaksinasi ke titik-titik kumpul masyarakat.

"Sekarang Cianjur baru mencapai 32%. Kita ingin 50%. Kalau 50% berarti kita masuk level 2," kata Herman.

Ia memastikan stok vaksin yang tersedia relatif cukup banyak atau diperkirakan memenuhi kebutuhan untuk beberapa pekan ke depan. Karena itu, Herman mengajak masyarakat agar mau divaksin covid-19 untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) atau paling tidak mencapai target 50%. (OL-15)

BERITA TERKAIT