22 October 2021, 21:52 WIB

Kebakaran Landa Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Batur Bali


Arnoldus Dhae | Nusantara

LAHAN dan semak di Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang (TWAGBBP), yang masuk dalam wilayah administrasi Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, dilaporkan terbakar Jumat (22/10) pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan laporan visual yang diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, kebakaran lahan dan semak kering tersebut terpantau dari Posko Kedisan yang berada di Kabupaten Bangli. Kepala BPBD Bali Made Rentin mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangli.

"Kami telah mendapatkan laporan bahwa BPBD Bangli telah berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangli dan bersama-sama menuju ke  titik lokasi guna melakukan upaya pemadaman. Sulitnya akses jalan menuju lokasi bencana menjadi kendala dalam proses penanganan oleh tim gabungan," ujarnya.

Rentin menjelaskan, luas wilayah yang terbakar masih dalam proses pendataan dan penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan. Kondisi saat ini api masih menyala dan belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk menyelidiki penyebab terjadi kebakaran di hutan taman wisata alam tersebut. Bila nantinya ditemukan adanya pihak-pihak yang dengan sengaja membakar lahan maka akan ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (OL-15)

BERITA TERKAIT