22 October 2021, 20:44 WIB

Pemkab Muba Konsisten Beri Perhatian Kepada Pondok Pesantren


Dwi Apriani |

KEBIJAKAN Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan dalam memberikan perhatian dari berbagai sektor kemasyarakatan terkhusus pada sektor keagamaan mendapat apresiasi dari Forum Pondok Pesantren Kabupaten Muba. Apresiasi yang diungkapkan itu memang sangat berasalan, sebab selama beberapa tahun terakhir ini Pemkab Muba telah memperlihatkan bukti ril di bidang keagamaan.

Diantaranya bantuan sembako berupa beras, bantuan langsung tunai dan bantuan dana hibah untuk seluruh pondok pesantren di Kabupaten Muba. Hal ini disampaikan oleh Ketua Forum Ponpes Kabupaten Muba KH Asep Nur M Hidayat pada acara peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Muba Zona 1 di Lapangan Sport City Kantor Lurah Babat Kecamatan Babat Toman, Jumat (22/10).

"Kami mengucapkan terima kasih atas segala dukungan, perhatian, dan kepedulian, Pemkab Muba kepada ponpes-ponpes yang ada di daerah Muba," ucapnya.

Ia mengungkapkan bahwa kepedulian Pemkab Muba untuk ponpes sebenarnya sudah lama namun mulai dari tahun 2019 lebih menonjol, dengan digelontorkannya dana untuk pesantren sebesar Rp5 miliar. Kemudian pada 2020, pesantren dibantu beras 50 ton dan uang Rp1,8 miliar kepada seluruh ustaz/ustazah pengasuh ponpes karena adanya pandemi Covid-19.

"Tahap kedua 2021 ini beras 60,5 ton untuk santriwan/santriwati , yang lebih mengagumkan lagi bantuan dana hibah kepada ponpes sebesar Rp10 miliar. Karena itu kami mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya betapa Pemkab Muba sangat perhatian kepada kita," imbuhnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba Yudi Herzandi mengatakan melalui momentum peringatan Hari Santri, diharapkan dapat menumbuhkembangkan sikap percaya diri dan bangga sebagai santri. Serta Meningkatkan silaturahmi, patriotisme, juga berwawasan kebangsaan sesuai dengan nilai-nilai Islam. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT