22 October 2021, 17:56 WIB

Kekeringan Landa Bangkalan, BPBD Jatim Droping Air Bersih


Faishol Taselan | Nusantara

KEKERINGAN yang melanda sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim) membuat BPBD Jatim kembali bergerak melakukan penyaluran air bersih. Setelah di Ngawi dan Pasuruan, agenda droping air bersih kali ini dilangsungkan di Kabupaten Bangkalan, tepatnya, di Dusun Promaan, Desa Kolla, Kecamnatan Modung.

Sebanyak dua tanki atau sekitar 12.000 liter air bersih disalurkan BPBD Jatim kepada masyarakat Desa Kolla. Kalaksa BPBD Jatim Budi Santosa memimpin langsung penyerahan air bersih tersebut kepada warga dengan Kepala Desa Kolla, Imam Abdul Karim dan Kalaksa BPBD Bangkalan, Rizal Morris.

Budi mengatakan penyaluran bantuan air bersih ini memang merupakan perintah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk menangani kekeringan dalam jangka pendek. Tahun ini, kekeringan di Bangkalan melanda 44 desa di 9 kecamatan. Jumlah itu berkurang dari tahun lalu yang masih sebanyak 78 desa.

"Bagi mereka ini, lebih baik tidak mandi daripada tidak minum. Ini berarti kebutuhan air memang menjadi hal yang sangat urgen disini," ujarnya, Jumat (22/10).

Untuk jangka panjang, BPBD Jatim juga telah melakukan sejumlah upaya dalam penanganan kekeringan, di antaranya, pencarian sumber titik air melalui survei geolistrik di kantong-kantong kekeringan dan penghijauan atau reboisasi bersama sejumlah relawan.

Di sisi lain, Kades Kolla, Imam Abdul Karim menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Jatim atas bantuan air bersih kepada warganya. Dikatakan, sekitar 600 KK warga Dusun Promaan setiap tahunnya mengalami  kering kritis dan hanya mengandalkan droping air bersih. (OL-15)

BERITA TERKAIT