22 October 2021, 17:44 WIB

90 Persen Objek Wisata Banyumas Kembali Dibuka


Lilik Darmawan | Nusantara

MEMASUKI PPKM level 2, Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mulai mengizinkan membuka objek wisata. Dari 109 objek wisata yang ada di Banyumas, 90% diantaranya sudah mulai buka.

Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Wakhyono mengatakan bahwa dengan turunnya PPKM level 3 menjadi 2, maka ada kebijakan untuk pembukaan tempat wisata. "Ada persyaratan yang harus dipenuhi yakni pengunjung hanya boleh dibatasi 25%," jelas Wakhyono, Jumat (22/10).

Dikatakan Wakhyono, pihaknya tengah mendorong pengelola objek wisata untuk mendaftarkan lokasi wisatanya agar mengurus aplikasi PeduliLindungi ke Kemenkes. Bahkan, sebelumnya pemkab juga telah meminta pengelola wisata mengurus sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability). "CHSE diajukan ke Kemenparekraf dan kemudian ada verifikasi," ujarnya.

Wakhyono juga mengatakan bahwa setiap objek wisata harus memiliki Satuan Tugas (Satgas) Covid-19. Tugasnya adalah untuk melaksanakan pengawasan terhadap prokes. "Satgas bertugas memastikan prokes dilaksanakan secara baik dan tertib di objek wisata," tandasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT