21 October 2021, 06:55 WIB

Jokowi Hari ini Dijadwalkan Resmikan Jembatan Sei Alalak


Denny S Ainan | Nusantara

PRESIDEN RI Joko Widodo dijadwalkan, Kamis (21/10) akan meresmikan jembatan lengkung Sungai Alalak, yang menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala di Provinsi Kalimantan Selatan.

Jokowi juga dijadwalkan akan meresmikan Pabrik Bio Diesel PT Jhonlin Agro Raya di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, serta peninjauan kegiatan vaksinasi di halaman Rumah Sakit Anshari Shaleh, Banjarmasin.

"Ada sejumlah agenda kerja Presiden dalam kunjungan ke Kalsel diantaranya peresmian jembatan Sei Alalak dan peninjauan vaksinasi covid 19," tutur Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Kamis (21/10).

Jembatan Sungai Alalak dibangun dengan biaya Rp278 miliar oleh kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Pandji. Jembatan yang dibangun sejak 2019 tercatat sebagai jembatan pertama di Indonesia menggunakan rancangan cable-stayed dan struktur jembatan lengkung.

Bentang utama jembatan memiliki panjang 130 meter, jembatan pendekat 125 meter, dan oprit jembatan sepanjang 425 meter.  Jembatan Sungai Alalak merupakan jembatan lengkung pertama yang dibangun di Indonesia.

Sementara terkait program vaksinasi, Pemprov Kalsel menargetkan vaksinasi terhadap 3,1 juta orang atau 75 persen dari jumlah penduduk di provinsi tersebut. Program vaksinasi bergerak tanggal 6-9 Oktober lalu berhasil menjangkau 67.510 orang peserta vaksin.

Sejauh ini jumlah warga Kalsel yang telah menjalani vaksinasi lebih dari 500 ribu orang. Sementara data Satgas Covid 19 Kalsel, tercatat jumlah kasus positif covid 19 di Kalsel sebanyak 69.741 kasus dengan tingkat kesembuhan 96,42 persen atau sebanyak 67.242 orang. (OL-13)

Baca Juga: Gerak Bareng Bantu Tetangga

BERITA TERKAIT