20 October 2021, 10:05 WIB

Ini Syarat Mahasiswa UNHAS yang Bisa PTM di Kampusnya


Lina Herlina | Nusantara

SEJUMLAH perguruan tinggi di Indonesia sudah memulai pembelajaran tatap
muka semester awal tahun akademik 2021/2022. Termasuk Universitas
Hasanuddin (Unhas) Makassar, yang ternyata sudah memulai PTM sejak Senin
(18/10).

Menurut Kepala Subdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Unhas, Ishaq Rahman, PTM digelar setelah melalui berbagai tahapan persiapan mulai dari rapat koordinasi hingga pelaksanaan swab antigen bagi para mahasiswa dan dosen sebelum masuk kuliah.

"Jadi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Kita
tidak mau lalai jangan sampai melahirkan kluster baru dari kampus," kata
Ishaq, Rabu (20/10).

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik, Penelitian dan Inovasi Fakultas Keperawatan Unhas, Rini Rachmawaty menjelaskan sebelum menggelar PTM mereka memperhatikan berbagai aspek yang mendukung terlaksananya.

"Kami membagikan kuesioner terkait kesiapan kuliah tatap muka. Bagi mereka yang ingin mengikuti PTM, diwajibkan memperoleh surat izin orang tua serta telah mendapatkan vaksin lengkap dan mengikuti swab antigen dengan hasil non reaktif," jelas Rini.

Dan setelah PTM digelar, total mahasiswa kami yang ikut ada 128 orang yang terbagi dalam lima kelas. Dua kelas Prodi Fisioterapi dan tiga kelas Prodi Keperawatan.

"Untuk mendukung penerapan Protokol Covid-19, kami menyediakan handsanitizer dan alat pengukur suhu. Kami juga memiliki klinik yang bisa dimanfaatkan jika mahasiswa memiliki kondisi tubuh yang kurang fit," lanjut Rini.

Unhas juga telah merancang dan mempersiapkan prosedur pembelajaran tatap
muka, prosedur pembelajaran dalam kelas, laboratorium, laboratorium lapangan hingga penyelenggaraan seminar, ujian akhir dan promosi.

Semua kebutuhan yang diprasyaratkan pada pembelajaran tatap muka terbatas sudah dimiliki oleh Unhas. Untuk mendukung pelaksanaan PTM, Satgas Covid-19 Unhas terlibat membantu proses penerapan protokol kesehatan.

"PTM ini diprioritaskan untuk angkatan 2020 dan 2021 yang berdomisili di Makassar dan sekitarnya. Sebelum PTM berlangsung, sebanyak 1.240
peserta yang terdiri dari mahasiswa dan tenaga pendidik telah mengikuti
tes Swab Antigen," tutup Ishaq. (OL-13)

Baca Juga: Kapolri Minta Kepolisian Tak Anti-Kritik tapi Tekankan Intropeksi

BERITA TERKAIT