19 October 2021, 23:24 WIB

Pemkab Cirebon Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19


Nurul Hidayah | Nusantara

CAPAIAN vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat baru mencapai 34 persen. Untuk menurunkan level PPKM, percepatan vaksinasi Covid-19 perlu  dilakukan.

"Capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon baru sekitar 600 ribu lebih warga dari jumlah sasaran sebanyak 1.782.964 jiwa," tutur Ketua bidang pelayanan kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, Selasa (19/10).

Capaian vaksinasi yang masih tergolong rendah ini yang membuat Kabupaten Cirebon masih berada di PPKM level 3. yang berlaku 19 Oktober sampai 1 November 2021. Untuk dapat turun level, maka Kabupaten Cirebon harus memenuhi sejumlah syarat yaitu angka kematian akibat kasus Covid-19 yang menurun, bed occupancy rate (BOR) berkurang, rendahnya kasus aktif Covid-19 serta capaian vaksinasi.

"Untuk kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Cirebon terus melandai. Bahkan dalam sepekan terakhir penambahan kasus hanya satu. Namun untuk capaian vaksinasi yang masih kurang," tutur Enny.

Tolak ukur lain yang menunjukkan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon terus melandai yaitu bertambahnya zona hijau di tingkat desa. Dari 424 desa/kelurahan sebanyak 419 desa saat ini berada di zona hijau dan sembilan desa lainnya masih berada di zona kuning (risiko rendah). "Kabupaten Cirebon tidak memiliki zona oranye, apalagi zona merah," tutur Enny.

Untuk itu, lanjut Enny, Pemkab Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan  vaksinasi Covid-19 agar bisa menempati level 2 PPKM Jawa Bali. (OL-15)

BERITA TERKAIT