14 October 2021, 22:07 WIB

Pelajar Dirangkul untuk Ceritakan Nasib Hutan Jambi Lewat Foto


Solmi | Nusantara

MENYEMARAKAN Hari Habitat Sedunia pada 7 Oktober 2021, organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) bekerja sama dengan PT Restorasi Ekosistem Indonesia (REKI) menggelar lomba foto jurnalistik untuk kalangan siswa SLTA di Kabupaten Batanghari.

Berbekal pelatihan yang diberikan PFI pada 11 Oktober 2021 di SMAN 1 Batanghari, para peserta lomba diminta menunjukkan kreativitasnya menceritakan seputar Hutan Harapan dalam bentuk karya foto. Itu sesuai dengan tema lomba 'Cerita Hutan dalam Foto'.

Menurut Pelaksana Tugas Ketua PFI Jambi M.Ridwan, pelatihan serta lomba foto jurnalistik yang dilaksanakan semenjak 13 Oktober sampai 31 Oktober 2021 itu bertujuan untuk meningkatan kesadaran dan tanggung jawab generasi muda khususnya pelajar perihal pemulihan hutan serta keanekaragaman di dalamnya.

Penasehat PFI Irma Tambunan, jurnalis harian nasional Kompas, mengamini hal itu. Menurutnya, lomba foto jurnalistik yang digarap bareng oleh PFI dan PT REKI (pengelola Hutan Harapan) diharapkan memperkuat komitmen bersama penyelamatan hutan di Jambi.

Baca juga:  Mangrove Serap Karbon 5 Kali Lebih Banyak dari Hutan Tropis

Sementara Direktur PT REKI Adam Aziz merespon positif kegiatan yang digelar bersama PFI Jambi. Pelatihan dan lomba 'Cerita Hutan dalam Foto' dinilainya membangkitkan kesadaran bersama untuk menanam dan melindungi hutan Hutan Harapan, kawasan hutan dataran rendah yang masih tersisa di Jambi saat ini.

Adam Azis membeberkan, Hutan Harapan merupakan kawasan hutan daratan rendah yang masih tersisa di Sumatra. Luasannya sekitar 98,6 ribu hektare, mencakup perbatasan Jambi-Sumatra Selatan. Selain memiliki kekayaan hayati tingi, Hutan Harapan merupakan habitat penting bagi 26 spesies langka dan kritis, yang sebagian besar dilindungi hukum Indonesia. Antara lain berupa harimau sumatra, gajah sumatra, tapir, ungko, anjing hutan, trenggiling, dan berbagai jenis burung endemis lainnya.

Di samping itu, Hutan harapan sebagai rumah bagi 228 keluarga Batin Sembilan. PT Reki mendapat amanah dari pemerintah untuk mengelola hutan produksi seluas 98,555 ha, disebut Hutan Harapan, yang berada di perbatasan Provinsi Jambi -Sumatra Selatan.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT