14 October 2021, 20:52 WIB

Lagi, Lima Obyek Wisata Di Bandung Barat Akan Dibuka Secara Terbatas


Depi Gunawan | Nusantara

LIMA objek wisata di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat diajukan untuk dapat dilakukan uji coba terbatas kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kelima objek wisata tersebut di antaranya Dago Dream Park, Floating Market, Orchid Forest, Terminal Wisata Grafika Cikole, serta Lembang Park and Zoo. Seluruh objek wisata tersebut bertema alam dengan konsep ruang terbuka.

"Kita mengajukan lagi lima objek wisata untuk menjalani uji coba pembukaan wisata," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat, Heri Partomo, Kamis (14/10).

Heri menyatakan, kelima objek wisata tersebut telah mengantongi sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment) serta mendukung program vaksinasi Covid-19 di Bandung Barat sehingga layak dilakukan uji coba menerima kunjungan. "Apalagi lima objek wisata tersebut favorit dikunjungi wisatawan atau masuk top ten di Bandung Barat," ujarnya.

Dia menjelaskan, setiap objek wisata yang diuji coba wajib memiliki sertifikat CHSE sampai ASTA. Termasuk pula protokol kesehatan serta penyediaan scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

Hingga kini, baru tiga objek wisata di Bandung Barat yang sudah menjalani uji coba pembukaan yakni The Lodge Maribaya, The Great Asia Africa, serta Farmhouse. Sejauh ini, dia menerangkan, ketiga objek wisata tersebut sudah menjalani uji coba dengan benar meskipun sempat terkendala sejumlah masalah seperti pengunjung yang kesulitan mengakses aplikasi PeduliLindungi.

"Dari sisi prokes sudah sangat baik, meskipun di awal itu sempat ada kesulitan log in PeduliLindungi. Semoga kedepan semakin banyak lagi yang diizinkan buka," tambah Heri. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT