14 October 2021, 16:48 WIB

10 Kabupaten/Kota di Bengkulu Berstatus Siaga Banjir


Marliansyah | Nusantara

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu mengintruksikan agar 10 wilayah kabupaten/kota ditetapkan 
sebagai status siaga bencana banjir dan tanah longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Rusdi Bakar mengatakan bahwa BPBD di 10 kabupaten/kota segera menetapkan daerahnya dengan status siaga bencana banjir dan longsor. Hal itu penting untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

Baca juga: Banjir Rusakkan Rumah Warga di Bengkulu, Tak Ada Korban Jiwa

"Hingga tiga hari ke depan, instensitas hujan di Bengkulu masih tinggi disertai angin kencang. Ini rawan terjadinya banjir dan tanah longsor," tutur Rusdi, Kamis (14/10).

Adapun Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu memprediksi curah hujan tinggi dan angin kencang hingga tiga hari mendatang. Lalu, 10 BPBD kabupaten/kota harus bersiaga dan melakukan koordinasi upaya mitigasi terhadap cuaca ekstrem.
     
BMKG juga memberikan peringatan potensi bencana hidrometeorologi dan gelombang tinggi di perairan wilayah Bengkulu. Sejumlah wilayah di Bengkulu berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat.

Baca juga: 41 Titik Panas Ditemukan di Wilayah Kalteng

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung pada Rabu hingga Jumat mendatang," imbuhnya

Lebih lanjut, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi. Seperti, banjir, tanah longsor dan angin kencang akibat hujan lebat. Selain itu, masyarakat perlu mewaspadai potensi angin kencang dan gelombang laut tinggi di perairan Pulau Enggano dan Samudera Hindia Barat.(OL-11)
 

 

 

BERITA TERKAIT