14 October 2021, 16:30 WIB

41 Titik Panas Ditemukan di Wilayah Kalteng


Surya Sriyanti | Nusantara

BERDASARKAN data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dari pantauan Satelit Terra, Aqua, SNPP dan NOA, ditemukan 41 titik panas (hotspot) di beberapa kabupaten wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) per 13 Oktober 2021.

"41 titik hotspot ini berada di wilayah Barito Utara 3 titik, Kapuas 1 titik, Katingan 8 titik, Lamandau 6 titik, Murung Raya 11 titik, Seruyan 2 titik, Kotawaringin Barat 6 titik dan Kotawaringin Timur 4 titik," jelas Plt Kepala Pelaksana BPBPK Provinsi Kalteng Erlin Hardi dalam keterangan resmi, Kamis (14/10).

Baca juga: Wah, Titik Panas Karhutla Terbanyak Muncul di NTT

Pihaknya pun mengimbau seluruh masyarakat agar tidak menggunakan cara pembakaran saat membersihkan lahan. Sebab, hal itu sangat berbahaya, serta bisa menimbulkan dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang lebih luas.

"Meskipun wilayah Kalteng secara umum masih berpotensi turun hujan, namun harus waspada terhadap potensi yang bisa menimbulkan karhutla. Ditinjau dari parameter analisis cuaca, sebagian besar wilayah di Kalteng masuk kategori sangat mudah terbakar," imbuhnya.

Dari pantauan di lapangan, sejumlah wilayah kabupaten/kota di Kalteng hingga saat ini masih diguyur hujan dengan intensitas bervariasi.(OL-11)
 

 

 

 

BERITA TERKAIT