14 October 2021, 14:00 WIB

Harap Wisata Segera Dibuka, Bupati Kepulauan Seribu Bersurat ke Luhut


Putri Anisa Yuliani | Nusantara

BUPATI Kepulauan Seribu, Junaedi, berharap pemerintah pusat segera mengizinkan wisata di Kepulauan Seribu bisa dibuka di masa PPKM level 3 ini. Selama masa PPKM, izin pembukaan sektor ekonomi serta lokasi wisata mana saja yang boleh dibuka memang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Junaedi mengatakan, pihaknya bahkan bersurat ke Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan untuk mengajukan pembukaan wisata di Kepulauan Seribu.

Baca juga: TMMD ke-112 Kodim 0207/Simalungun pada 2021 Resmi Ditutup

"Kita tinggal menunggu rekomendasi dari Kemenparekraf,. Kan di situ ada tim, ada tim dari Menkomarves. Mudah mudahan, kami juga sudah bersurat dua kali, juga yang terakhir bersurat ke Menko," kata Junaedi, Kamis (14/10).

Faktor yang menurut dia menjamin keamanan pariwisata Kepulauan Seribu dari covid-19 adalah warga satu-satunya kabupaten di Jakarta itu mayoritas sudah mendapatkan vaksin covid-19. Sudah ada 95% penduduk Kepulauan Seribu yang memperoleh vaksin dosis 1 dan 80% sudah mendapat dosis 2.

Pihaknya pun beserta pengelola resor dan wisata di Kepulauan Seribu telah berupaya melengkapi persyaratan untuk pembukaan wisata. Untuk itu, ia berharap ada uji coba pembukaan pariwisata Kepulauan Seribu. Kini sudah ada sembilan dari 11 pulau yang sudah memiliki QR code untuk dapat digunakan check in di aplikasi PeduliLindungi guna syarat perjalanan.

"Uji Coba dulu. Untuk pembukaan uji coba dulu, di sana harus bagaimana CHSE-nya, barcode, kita sudah dilengkapi semua," ujar Mantan Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta itu.

"Yang sudah siap kita pulau-pulau kecil, kayak Pulau Payung, Pulau Kelapa Dua. Itu kan satu kelurahan itu ada 3-4 pulau. Pulau-pulau kecilnya, insya allah mungkin hari ini ada rapat koordinasi dengan Kemenparekraf, mudah-mudahan mungkin ada kesempatan untuk uji coba," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT