13 October 2021, 20:35 WIB

BPJamsostek Fasilitasi Penyuntikan 5.000 Dosis Vaksin di Medan


Yoseph Pencawan | Nusantara

BPJS Ketenagakerjaan, atau BPJamsostek, memfasilitasi penyuntikan 5.000 dosis vaksin Covid-19 di Kota Medan selama tiga hari berturut-turut. Mulai dari 13 hingga 15 Oktober 2021, penyuntikan vaksin dilakukan kepada beberapa elemen masyarakat. Terutama dari kalangan buruh, pengemudi ojek online, lansia, dan difabel.

Deputi Direktur Kanwil BPJamsostek Sumbagut Panji Wibisana menyampaikan, secara prinsip, kegiatan yang dilaksanakan bekerja sama dengan Kodim 0201/BS ini merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah dalam menangani pandemi.

"Kegiatan ini rencananya dilaksanakan selama tiga hari dengan jumlah 5.000 dosis untuk tahap pertama dan 5.000 dosis untuk tahap kedua," ujarnya di sela-sela vaksinasi, Rabu (13/10).

Adapun dosis kedua akan diberikan pada November 2021 mendatang. Dia berharap vaksinasi ini bisa difasilitasi instansi lain sehingga dapat berjalan lebih intensif dan mampu mempercepat penanganan pandemi.

Direktur Utama BPJamsostek Anggoro Eko Cahyo menambahkan, kegiatan di Medan merupakan bagian dari target penyuntikan 10.000 dosis vaksin yang difasilitasi pihaknya pada tahun ini. Selain mendukung upaya pemerintah menangani pandemi, dia juga berharap vaksinasi ini dapat membuat masyarakat dan pekerja bisa kembali produktif.

Kapok Sahli Kodam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Junaidi pada kesempatan itu mengingatkan penerima vaksin untuk tidak merasa kebal meski telah divaksin. Karena itu dia meminta agar protokol kesehatan tetap ditegakkan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Ijeck) mengungkapkan kinerja vaksinasi Covid-19 di provinsinya. Menurut Ijeck, saat ini dari sekitar 15 juta penduduk Sumut dengan jumlah 11 juta orang penerima vaksin, sebanyak 38% telah mendapatkan vaksin pertama. 

Dari jumlah itu sebanyak 22,8% di antaranya telah mendapat vaksin kedua. Karena itu dia berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan untuk menggesa capaian angka vaksinasi di Sumut. (YP/OL-10)

BERITA TERKAIT