13 October 2021, 20:54 WIB

Peraih Emas dan Perunggu PON dari Ciamis Pulang Naik Bus


Kristiadi | Nusantara

DHEYA Nazhira Nur Amalina, 17, atlet selam peraih medali emas dan perunggu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) pulang ke Cijantung, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dengan menggunakan angkutan umum (bus) dari Bandung. Ini dikatakan untuk menghindari kerumunan.

Desi Arisyandi, ibu Dheya, mengatakan raihan prestasi anaknya pada PON Papua berkat doa bersama khususnya masyarakat Kabupaten Ciamis. Namun, setelah selesai melaksanakan kejuaraannya itu anaknya selalu ingin dijemput oleh orangtuanya dan naik bus.

"Saya berangkat ke Bandung menunggu anak pulang dari Papua hingga pulang ke Cijantung menggunakan angkutan umum dari Bandung. Kepulangan itu sengaja ia menggunakan bus dan tidak dijemput oleh pemerintah," katanya, Rabu (13/10).

Desi mengatakan, anaknya merasa bangga bisa meraih medali emas pada PON Papua dan di sana banyak pengalaman yang didapat, termasuk kebaikan orang Papua. Ia tidak mau dijemput oleh pemerintah meski Bupati Ciamis juga sempat menghubunginya.

"Pak Bupati ada menelepon dan bilang akan ada syukuran untuk merayakan raihan ini tapi buat keluarga tetap akan mengikutinya. Kepulangannya ke Cijantung memakai angkutan (bus) karena tak mau menyusahkan. Keluarga melakukan penjemputan ini, karena Dheya ingin naik angkutan umum dan kalau ada penjemputan dilakukan oleh pemerintah ditakutkan ada kerumunan," ujarnya.

Baca juga: Belum Ada Penerbangan Luar Negeri ke Bali

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis Erwan Darmawan mengatakan, atlet Ciamis cukup berkontribusi dalam raihan medali untuk kontingen Jawa Barat pada PON Papua dan ada 15 medali sudah diraih oleh para atlet Ciamis yakni tujuh emas, empat perak, dan empat perunggu. Para atlet yang berangkat ke Papua ada 13 atlet dan mengikuti 11 cabang olahraga. (OL-14)

BERITA TERKAIT