13 October 2021, 18:35 WIB

Sumut Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19 Di Akhir Tahun


Yoseph Pencawan | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara mulai memersiapkan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi potensi terjadinya lonjakan penularan Covid-19 dalam suasana pergantian tahun.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Ijeck) mengatakan, provinsinya menyimpan potensi kemunculan gelombang ketiga penularan Covid-19 dalam suasana pergantian tahun. "Untuk itu kita sudah mulai menyiapkan segala kebutuhan dalam mengantisipasinya," ungkap Ijeck saat meninjau vaksinasi di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Medan, Rabu (13/10).

Secara garis besar, persiapan itu meliputi peningkatan pelayanan kesehatan hingga tracing, serta menggencarkan vaksinasi. Ijeck yakin agresifitas penularan bisa dihambat secara signifikan dengan penguatan pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity) melalui vaksinasi.

Dengan berbagai persiapan yang sudah dimulai dari sekarang Ijeck optimistis potensi lonjakan penularan gelombang ketiga tidak sampai terjadi di Sumut. Dengan begitu penurunan tren penularan di Sumut dapat terjaga yang mana saat ini tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada pada Level 3 PPKM.

Selain persiapan, Ijeck juga meminta dukungan masyarakat dalam menghadapi potensi lonjakan penularan gelombang ketiga. Dukungan itu terutama dengan selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Meski Sumut sudah mengalami penurunan level PPKM, lanjut dia, tetapi hingga kini pandemi Covid-19 belum berakhir. Dan hal ini harus diingat masyarakat. Karena itu dia meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan prokes dan tidak beraktivitas di keluar rumah jika tidak diperlukan. (OL-15)

BERITA TERKAIT