13 October 2021, 18:03 WIB

Cakupan Vaksinasi Lima Kabupaten di NTT Masih Rendah


Palce Amalo | Nusantara

CAKUPAN vaksinasi covid-19 di lima kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) sampai Rabu (13/10) masih rendah jika dibandingkan 17 kabupaten dan kota lainnya. Kelima kabupaten itu yakni Malaka, Timor Tengah Selatan, Flores Timur, Alor dan Timor Tengah Utara.

Kabupaten Malaka tergolong daerah dengan vaksinasi covid-19 terendah di NTT. Rinciannya, dari sasaran 136.000 orang, baru 21.205 orang yang menerima vaksin dosis pertama atau 15,59%, dan 11.727 orang menerima vaksin dosis kedua atau 8,62%.

Sedangkan cakupan vaksinasi di Kota Kupang tertinggi dibandingkan daerah lainnya di NTT yakni 80,18% untuk dosis pertama atau 267.523 orang dari sasaran 333.628 orang, sedangkan vaksinasi dosis kedua 161.989 orang atau 48,55%.

Staf Ahli Gubernur NTT Bidang Ekonomi dan Pembangunan Marius Ardu Jelamu mengatakan salah satu kendala rendahnya cakupan vaksinasi di lima kabupaten tersebut antara lain rendahnya kesadaran masyarakat untuk divaksin, serta distribusi vaksin ke kabupaten. Namun, saat ini vaksin sudah tersedia di gudang dinas kesehatan. "Kami mendorong seluruh kepala daerah di wilayah provinsi NTT untuk gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi,� kata Marius Jelamu.

Salah satu langkah yang akan dilakukan untuk memperluas cakupan vaksinasi ialah mengerahkan seluruh tenaga kesehatan untuk mempercepat proses vaksinasi terutama di lima kabupaten yang cakupannya masih rendah tersebut. Marius mengatakan, saat ini stok vaksin masih tersedia di gudang dinas kesehatan provinsi NTT. "Kami sedang mempercepat vaksinasi dengan menggerakkan semua stakeholder,� jelasnya. (PO)

BERITA TERKAIT