13 October 2021, 10:15 WIB

Lahan Telantar di 100 Desa di Kabupaten Tegal akan Ditanami Bibit Buah


Supardji Rasban | Nusantara

UPAYA menghidupkan lahan telantar di kawasan pedesaan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, gerakan menanam aneka bibit buah mulai dilakukan. Nantinya seluruh lahan telantar di 100 desa di Kabupaten Tegal tersebut akan disulap menjadi kawasan buah desa.

Untuk mewujudkan hal itu, ribuan aneka bibit buah sudah mulai dikirimkan ke pedesaan, melalui Kepala Desa/Kades masing-masing. Penyaluran aneka bibit tanaman buah dilakukan di areal perkebunan di Desa Dukuhringin Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal menggunakan mobil-mobil pik-up.

Menjadikan pedesaan kawasan tanaman anejka tanaman buah tersebut digagas anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) X Jawa Tengah, Dewi Aryani. Pemanfaatan lahan-lahan telantar/idur di kawasan pedesaan, berfungsi dan memberikan manfaat untuk generasi mendatang.

Dewi Aryani menyebut perawatan tanaman akan dilakukan oleh pihak desa masing-masing dan dibantu warga secara gotong royong. "Jadi kedepan hasilnya bisa dinikmati oleh warga," ujar Dewi Aryani.

Dewi Aryani menuturkan pada tahap pertama dia menyumbang 8.000 bibit tanaman buah di seratus desa. Targetnya setiap tahun jumlah tanaman maupun jumlah lahan yang ditanami akan terus bertambah.

"Target saya di Kabupaten tegal nanti punya area masing-masing yang mereka namakan sebagai kawasan buah desa," ucapnya.

Menurut Dear, sapaan Dewi Aryani, jenis bibit tanaman yang ditanam di masing-masing lahan akan disesuaikan dengan letak geografis dan kondisi alam masing-masing  desa.

"Misalnya di daerah pantura akan berbeda dengan wilayah pedesaan Kabupaten Tegal bagian tengah dan selatan," pungkas Dear. (OL-13)

Baca Juga: Baru 42 Penderita HIV/AIDS di Ternate Divaksin Covid-19

BERITA TERKAIT