12 October 2021, 16:20 WIB

Bekas Gedung DPRD DIY di Malioboro akan Dijadikan Jogja Planning  Gallery


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

KEPALA Dinas PUP ESDM DI Yogayakarta (DIY) Anna Rina Herbranti menyampaikan gedung DPRD DIY yang saat ini berada di Jalan Malioboro akan dipindah ke Jalan Kenari. Gedung yang akan ditinggalkan dan lahan bekas Kantor Dinas Pariwisata yang ada di sampingnya akan dibangun Jogja Planning Gallery.

"Kami diminta untuk mendesain ex Kantor Dinas Pariwisata bersama luasan yang ada di Gedung DPRD DIY existing ini sebagai Jogja  Planning Gallery," kata Anna, Senin (11//10).

Anna menjelaskan, Jogja Planning Gallery akan berisi keseluruhan DI Yogyakarta dari filosofi, sejarah, hingga Yogyakarta masa datang. Jogja Planning Gallery juga memiliki konten yang bermacam-macam seperti wisata, budaya, dan juga tata ruang Yogyakarta termasuk Kabupaten/Kota di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Jadi konsep Kabupaten/Kota di Wilayah DIY ke depan mau seperti apa, perencanaan mereka bisa dimasukkan di situ," papar dia.

Baca juga: Vaksinasi Dosis ke-2, NasDem DIY Salurkan 300 Dosis Perhari

Jogja Planning Gallery nantinya diharapkan bisa menjadi sarana bagi masyarakat luas mengetahui tentang sejarah perkembangan DIY. Pun memiliki ruang-ruang untuk pameran dan panggung kesenian dengan nuansa Jogja.

Konsep atau desain Jogja Planning Gallery, lanjut dia, akan disayembarakan pada 2022. Cara ini dipilih dengan tujuan untuk mendapatkan masukan, informasi dari masyarakat luas untuk mendapatkan konsep Jogja Planning Gallery yang terbaik.(OL-5)

BERITA TERKAIT