12 October 2021, 15:09 WIB

Gibran: Pembukaan Kantor Shopee Solo Momentum Pemulihan Ekonomi


Mediaindonesia.com | Nusantara

PERUSAHAAN e-commerce Shopee Indonesia resmi membuka kantor di Solo, Jawa Tengah, Senin (11/10), dalam rangka memperkuat pelayanan dan pengembangan bisnisnya. Langkah ini menjadi angin segar bagi kota Solo di tengah upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi covid-19.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan kehadiran kantor Shopee di Solo menjadi momentum untuk bangkit dari pandemi dan memulihkan ekonomi. "Solo sudah Level 2 dengan tingkat vaksinasi mencapai 120%. Dengan peresmian kantor Shopee ini menjadi momentum untuk bangkit dari pandemi dan momentum pemulihan ekonomi," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (12/10).

Lebih lanjut Gibran mengatakan pembukaan kantor itu akan membawa kesempatan besar bagi talenta-talenta di Solo untuk dapat bergabung dan menjadi bagian dari Shopee. Gibran juga mengapresiasi komitmen yang ditunjukkan Shopee dengan upaya meningkatkan kualitas UMKM serta membuka lapangan pekerjaan.

"Kita sempat office tour tadi. Kita lihat sendiri di sini didominasi anak-anak muda semua. Dari sisi regulasi kami tentu memberikan kemudahan untuk bekerja sama. Ini karena Shopee sudah menunjukkan komitmen untuk membesarkan UMKM dan membuka lapangan pekerjaan," tambahnya.

Dalam acara peresmian tersebut hadir pula Owner Representative Sea Group Kiky Hapsari yang turut serta menemani office tur bersama Gibran dan Direktur Shopee Handhika Jahja. Kantor yang terletak di Solo Paragon Mall ini memiliki luas 2.000 m2 lebih ini dan direncanakan terus bertambah hingga 7.800 m2. 

Kantor Shopee di Solo direncanakan mampu menyerap 2.000 lebih tenaga kerja hingga 2022. Keberadaan kantor ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem digital yang terbangun saat ini.

Selain area kerja, kantor Shopee Solo memiliki beragam fasilitas layaknya perusahaan teknologi dunia, mulai dari beragam ruang meeting dengan teknologi terkini, tea area, ruang kolaborasi, tempat khusus bagi ibu menyusui, dan ruang kesehatan. Kantor ini sengaja didesain untuk membuat pekerja aman, nyaman, dan produktif dalam bekerja. Layaknya kantor perusahaan teknologi, kantor ini juga dilengkapi dengan infrastruktur teknologi yang canggih.

Handhika mengatakan kantor ini akan memperkuat potensi besar yang dimiliki UMKM Solo. "Selain itu, kantor ini semakin melengkapi ekosistem digital yang ada. Khusus di kota Solo, kami melihat antusiasme pelaku UMKM masuk dalam Kampus UMKM Shopee Ekspor yang sudah didirikan bulan Mei lalu," katanya.

Baca juga: Satgas Relawan Covid-19 Tingkatkan Kapasitas 1.000 Relawan Padang Raya

Sejak dibuka pada Mei 2021, Kampus UMKM Shopee Ekspor mencatat antusiasme tinggi dari UMKM di Solo. Handhika menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 6.500 UMKM Solo yang sudah masuk program ekspor Shopee. "Shopee bangga bisa membawa Solo menjadi bagian komunitas teknologi global, menaikkan kelas baik UMKM maupun tenaga kerja," ujar Handhika. (OL-14)

BERITA TERKAIT