12 October 2021, 09:00 WIB

MAN 1 Pidie Gelar Bazar Kuliner Lokal


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

MADRASAH Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Kabupaten Pidie, menggelar bazar masakan khas daerah dan kuliner lokal. Sebanyak 782 siswa/siswi sekolah agama itu ikut memeriahkan acara bergengsi tersebut.

Berbagai jenis makanan dan menu masakan khas Aceh ikut diperlombakan. Setiap satu siswa lokal membangun satu stand pameran dengan menghidangkan berbagai jenis menu hasil karya mereka.

Pengunjung dopersilahkan mencoba mencicipi menu gratis tampa harus bayar. Bagi yang berminat membawa pulang untuk keluarga juga diperbolehkan berbelanja kuliner yang disukai.

Baca juga: Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk, GL Zoo Buka Biasa

Kepala MAN 1 Pidie Darwin Juwaini, kepada Media Indonesia, Senin (11/10), mengatakan bazar kuliner itu digelar untuk mewarisi makanan daerah atau kuliner lokal kepada siswa/siswi. Harapannya, generasi masa depan bangsa lebih mengenal dan mencintai kekayaan kuliner warisan indatu (warisan nenek moyang).

Dikatakan Darwin, lebih penting lagi para generasi muda ini mengetahui banyak kuliner tradisonal Aceh kaya protein dan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh manusia. Kemudian berbagai makanan warisan leluhur ini tidak menggunakan pengawet, pewarna dan penyedap yang membahayakan kesehatan tubuh.

"Berbagai bahan dan wadah untuk membuat kuliner tradisional Aceh juga mudah didapati sekitar pekarang rumah dan murah bila harus dibeli. Makanan sehat, bahannya mudah, murah dan halal," tutur Darwin.

Amatan Media Indonesia, beberapa jenis kuliner tradisional daerah Aceh yang ditampilkan di bazar MAN 1 Pidie diantaranya adalah kue timphan, timphan sagu, tape, jagung rebus campur kelapa kukur, kuah plik u, dan mie caluek. (OL-1)

BERITA TERKAIT