10 October 2021, 17:36 WIB

Kota Padang Kejar Capaian Vaksinasi Covid-19


Yose Hendra | Nusantara

KOTA Padang, Sumatera Barat belum bisa keluar dari PPKM level 4, meski kasus positif covid-19 sudah melandai. Pemerintah pusat masih menetapkan Kota Padang berada PPKM level 4 karena capaian vaksinasi di bawah angka rata-rata nasional.

Untuk itu, Pemkot Padang melalui Dinas Kesehatan Kota Padang terus berupaya mengejar capaian target vaksinasi agar Kota Padang bisa turun ke PPKM level 3.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengatakan untuk mencapai target tersebut, Dinas Kesehatan terus menggelar vaksinasi massal di sejumlah lokasi di Kota Padang. Dari kegiatan vaksinasi massal itu, Dinas Kesehatan menargetkan bisa melakukan 10 ribu suntikan vaksin kepada masyarakat Kota Padang sampai masa perpanjangan PPKM level 4 berakhir pada 18 Oktober mendatang.

"Dalam 10 hari ke depan, kita akan terus mengebut vaksinasi dengan menggelar vaksinasi massal di sejumlah titik di Kota Padang," kata Ferimulyani, Minggu (10/10).

Untuk itu, Ferimulyani mengimbau kepada masyarakat agar dengan sukarela mendatangi sentra-sentra pelayanan vaksinasi untuk mendapatkan vaksinasi. "Kita berharap dukungan semua lapisan masyarakat dalam menyukseskan program vaksinasi ini. Semoga ke depan Kota Padang bisa keluar PPKM level 4," harap Ferimulyani.

Dia juga berharap, dalam 10 hari ke depan atau hingga akhir perpanjangan PPKM level 4 pada 18 Oktober 2021, cakupan vaksinasi di Kota Padang bisa naik menjadi 50 persen.

"Per 6 Oktober 2021 kemarin, capaian vaksinasi kita baru di angka 40,5 persen. Jadi, kita harus menaikkan target kita sebesar 10 persen," ungkap Ferimulyani.

Dijelaskan Ferimulyani untuk mencapai target 50 persen itu, Dinkes harus melakukan suntikan sebanyak lebih kurang 10 ribu suntikan per harinya. Karena itu, Ferimulyani mengimbau kepada masyarakat agar mau mendatangi sentra-sentra pelayanan vaksinasi yang ada di Kota Padang.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi bisa mendaftar melalui google form dan selanjutnya mendatangi sentra-sentra pelayana vaksin yang dibuka Pemko Padang. Dalam vaksinasi ini, masyarakat bisa memilih jenis vaksin yang diinginkan.

Saat ini tersedia tiga jenis vaksin yakni Sinovac, Moderna dan Pfizer. "Semoga dengan upaya yang kita lakukan ini, Kota Padang bisa keluar dari PPKM level 4," tandas Ferimulyani. (OL-15)

BERITA TERKAIT