07 October 2021, 20:48 WIB

Polres Cianjur Target Cakupan Vaksin Minimal 1.874 Dosis Per Hari


Benny Bastiandy | Nusantara

KEPOLISIAN Resort Cianjur, Jawa Barat, menargetkan setiap hari cakupan vaksinasi covid-19 minimal mencapai 1.874 suntikan dosis. Untuk mencapai target itu, selain membuka gerai vaksinasi di Mapolres Cianjur, tim kesehatan juga mobile berkeliling ke setiap komunitas-komunitas yang jadi sasaran.

Kapolres Cianjur, Ajun Komisaris Besar Doni Hermawan, menjelaskan serbuan vaksinasi untuk mencapai target yang ditetapkan pemerintah terus dilakukan setiap hari. Semua elemen, termasuk Polri, terus bergerak menjangkau masyarakat.

"Setiap hari kita dengan TNI, kemudian Dinas Kesehatan, masing-masing instansi melaksanakan serbuan vaksinasi. Di Polres Cianjur, kita per hari 1.874 dosis yang jadi target minimal," terang Doni, Kamis (7/10).

Dengan bergeraknya semua elemen, sebut Doni, capaian akumulatif vaksinasi covid-19 per hari di Kabupaten Cianjur relatif cukup tinggi. Artinya, semua elemen bekerja dan bergerak bersama agar kekebalan komunal (herd imunnity) bisa tercapai.

"Dinas Kesehatan dengan layanannya di semua puskesmas targetnya masing-masing 200 orang per hari. Kami pun melaksanakan itu. TNI juga. Jadi kita semua bergerak untuk mengejar target. Bahkan kita targetkan satu minggu bisa bisa menjangkau 10 ribu suntikan dosis," jelas mantan Kapolres Tasikmalaya Kota ini.

Percepatan dilakukan dengan melaksanakan serbuan vaksin ke lingkungan pendidikan (sekolah), masyarakat umum/rentan, maupun ke lingkungan pondok pesantren, dan sasaran lainnya. Semua elemen juga bergerak memobilisasi masyarakat agar bisa mengikuti vaksinasi di gerai-gerai maupun di fasilitas layanan kesehatan seperti Puskesmas.

Namun Doni mengakui bukan perkara mudah mengejar target cakupan vaksinasi di Kabupaten Cianjur. Pasalnya, sasaran vaksinasi di Kabupaten Cianjur menjadi lebih kurang 1,9 juta jiwa.

"Sehingga pelaksanaan vaksin pun secara jumlah perlu waktu untuk pencapaian 70% yang ditargetkan," jelasnya.

Pencapaian cakupan vaksinasi terus dievaluasi. Apabila memang dibutuhkan agar cakupan harian vaksinasi ditambah, maka akan dicari langkah lain.

"Misalnya dengan menambah gerai-gerai atau sentra vaksinasi. Di Polres Cianjur sendiri kita ada layanan di klinik. Kemudian setiap hari kita keliling di wilayah-wilayah kecamatan, di sekolah, di pondok-pondok pesantren. Hampir setiap hari kita laksanakan," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT