05 October 2021, 17:00 WIB

Kasus Covid-19 Terus Melandai, Kelurahan Zona Merah Di Kupang Tinggal 1


Palce Amalo | Nusantara

KASUS covid-19 di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur terus melandai. Pada Selasa (5/10) hanya tercatat tambahan enam kasus.

Sedangkan kasus aktif covid-19 sudah berkurang menjadi 93 orang dari dua hari sebelumnya sebanyak 96 orang, serta pasien sembuh sebanyak sembilan orang. Penurunan kasus harian tersebut membuat kelurahan zona hijau covid-19 terus bertambah, sedangkan kelurahan zona merah tersisa satu yakni Kelurahan Namosian.

Kadis Kesehatan Kota Kupang dokter Retnowati menyebutkan 26 kelurahan sudah masuk zona hijau. "Masih 20 kelurahan tercatat zona kuning, empat kelurahan zona oranye dan satu kelurahan zona merah," ujarnya lewat keterangan tertulis.

Menurutnya, Kelurahan Namosain yang merupakan satu-satunya kelurahan zona merah di Kota Kupang, terdapat 12 kasus, sedangkan kelurahan dengan zona oranye antara 6-9 kasus.

Masyarakat terus diingatkan terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar pandemi covid-19 dapat segera dikendalikan. Saat ini pemerintah Kota Kupang sudah melonggarkan sejumlah kegiatan di masyarakat dengan jumlah peserta yang terbatas, mulai dari pembukaan rumah ibadah dan pesta.

Pada bagian lain, vaksinasi covid-19 di Kota Kupang hampir mendekati 80% atau tepatnya 78,55% untuk vaksin dosis pertama, 45,76 persen untuk vaksin dosis kedua dan 65,42% untuk vaksin dosis ketiga untuk tenaga  kesehatan.

Sementara itu, NTT kembali menerima 2.340 vial vaksin pfizer yang langsung didistribusikan ke kabupaten. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes NTT Emma Simanjuntak mengatakan vaksin yang baru tiba tersebut digunakan untuk vaksinasi anak usia 12 tahun ke atas dan orang dewasa. "Vaksin pfizer ini baru pertama kali didistribusikan ke NTT," ujarnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT