04 October 2021, 20:31 WIB

Nama Ridwan Kamil Muncul dalam BAP Suap Banprov Jabar


Bayu Anggoro | Nusantara

ANGGOTA DPR RI, Dedi Mulyadi, diperiksa sebagai saksi atas kasus suap proyek APBD Jawa Barat di Indramayu. Dedi ditanya mengenai penerimaan uang dari Ade Barkah dan Siti Aisyah untuk kepentingan Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018.

Dalam persidangan, Dedi ditanya terkait ada tidaknya pemberian uang dari Ade Barkah dan Siti Aisyah. Kedua nama tersebut merupakan terdakwa dalam perkara ini.

Saat ditanya perihal hal tersebut, Dedi membantah. Dia mengaku tak pernah menerima uang dari Ade Barkah maupun Siti Aisyah.

"Tidak pernah," ujar Dedi. Jaksa pun kembali menanyakan apakah ada tim suksesnya saat itu yang pernah menerima sumbangan Rp 100 juta dari Siti Aisyah.

"Tidak pernah," jawab Dedi lagi singkat.

Pertanyaan jaksa KPK berkaitan dengan dakwaan KPK terhadap Siti Aisyah.

Dalam dakwaan disebutkan bila Siti Aisyah menerima uang dari Abdul Rozaq Muslim sebesar Rp100 juta untuk kepentingan Pilgub Jabar. Jaksa juga menanyakan ada tidaknya instruksi dari Dedi Mulyadi kepada anggota dewan fraksi Golkar untuk penyediaan telur ayam dan sarung untuk diberikan kepada masyarakat berkaitan dengan Pilgub Jabar.

"Masih dalam rangka pilgub, apakah ada tugas kepada Ade Barkah untuk penyediaan sarung dibagikan ke masyarakat?" tanya jaksa.

 "Tidak ada," kata Dedi.

Baca juga : Pada HUT Ke-21 Provinsi Banten, Gubernur WH Paparkan Capaian Pembangunan

Hal serupa pun ditanyakan tentang aliran dari Siti Aisyah. "Apakah pernah menerima uang dari terdakwa Siti Aisyah terkait penyediaan sarung dan telur ayam dalam Pilgub Jabar sebesar Rp 100 juta?" kata jaksa menanyakan lagi.

"Tidak pernah," kata Dedi. Masih dalam persidangan itu, majelis hakim Surachmat membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) Dedi Mulyadi.

Dalam BAP-nya, disebutkan Siti Aisyah mendukung Ridwan Kamil. "Saya tidak pernah meminta uang untuk pencalonan calon gubernur. Sepengetahuan saya, Siti Aisyah mendukung Ridwan Kamil," kata hakim membacakan BAP Dedi.

Dedi pun membenarkan isi BAP-nya tersebut. "Betul," jawab Dedi.

Sementara itu, Siti Aisyah diberi kesempatan hakim untuk menanggapi. Siti Aisyah menyebut bahwa keterangan Dedi Mulyadi tidak benar.

"Semua keterangan saksi tidak benar," kata Siti Aisyah melalui virtual. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT