03 October 2021, 22:54 WIB

Wafatnya Mantan Bupati Diduga Jadi Pemicu Kericuhan di Yahukimo


Hilda Julaika | Nusantara

KASAT Reskrim Polres Yahukimo Ipda Rony Samory membenarkan adanya kericuhan di Yahukimo. Kericuhan berupa penyerangan terhadap Masyarakat yang sedang beribadah di Gereja GIDI, Dekai, Kabupaten Yahukimo oleh masyarakat suku Kimiyal hingha pembakaran rumah masyarakat dan juga hotel.

Pihaknya mengatakan aksi kericuhan ini diduga kuat lantaran kejadian meninggalnya mantan Bupati Abock Busup di Jakarta. "Diduga kuat penyebab masyarakat Kimiyal melakukan penyerangan dikarenakan kejadian meninggalnya mantan bupati Alm. Abock Busup di Jakarta," kata Rony dalam keterangan resminya, Minggu (3/10).

Lebih lanjut dijelaskan kronologi kejadiannya, pada Minggu (3/10) sekitar pukul 12.10 WIT , telah terjadi penyerangan terhadap masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah minggu di dalam Gereja Gidi, Dekai Kabupayen Yahukimo.

Penyerangan tersebut dilakukan oleh sekelompok masyarakat dari suku Kimyal. Masyrakat Kimyal melakukan penyerangan tersebut dengan menggunakan alat tradisional berupa panah dan parang serta alat tajam lainnya. Di mana pada saat itu masyarakat sedang beribadah di dalam gereja GIDI dan kemudian langsung di serang oleh selempok orang kimiyal tersebut.

"Dan juga pada aksi tersebut sekelompok masyarakat kimiyal juga membakar rumah warga dan juga hotel Nuri II milik saudara Ones Pahabol dan kompleks perumahan bambu dua dekai Kabupaten Yahukimo," imbuhnya.

Hingga saat ini, anggota kepolisian setempat masih terus siaga dan melakukan patroli di seputaran Kota Dekai. (OL-8)

BERITA TERKAIT