03 October 2021, 17:50 WIB

Polisi Jadikan Santri Menjadi Duta Vaksin di Bungo


Solmi | Nusantara

''ALHAMDULILLAH!'' demikian Kepala Kepolisian Resort Bungo Ajun Komisaris Besar Guntur Saputro mengucapkan syukur melihat antusiasme santri dan warga sekitar Pondok Pesatren Qiroatul Quran, Sungai Binjai, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, mengikuti kegiatan Vakinasi Massal, Minggu (3/10).

Menurut Guntur Saputro, suksesnya giat vaksinasi di Ponpes padat santri itu, merupakan buah perjuangan dari anggotanya dalam mengikis ketakutan warga untuk divaksin Covid-19. Termasuk di lingkungan santri dan pengasuh Ponpes Qiroatul Quran Sungai Binjai.

''Perjuangan selama dua minggu oleh rekan-rekan di jajaran Satreskrim meyakinkan santri, pengasuh, dan warga sekitar Sungai Binjai bahwa vaksin Covid-19 aman dan menjadi kebutuhan untuk mewujudkan kekebalan kelompok ternyata tidaklah sia-sia. Peminatnya membludak. Santri-santri yang dulunya takut, malah berebut minta divaksin,'' kata Guntur.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Bungo AKP Septa Badoyo melaporkan, untuk giat vaksinasi di Ponpes Qiroatul Quran dan warga sekitar Sungai Binjai, disiapkan vaksin Covid-19 sebanyak seribu dosis.

Septa mengakui, dari hasil komunikasi dengan pengasuh ponpes dan santri, terungkap isu hoaks soal vaksin berbahaya, sempat diyakini sebagian santri dan keluarganya. Bahkan, terungkap sebanyak 10 orang santri sempat diwanti-wanti orangtuanya untuk menolak vaksinasi.

''Setelah kita yakinkan, akhirnya mereka sadar, dan malah mengajukan diri untuk divaksin. Sesuai arahan Pak Kapolres, 10 orang santri tersebut, dijadikan duta vaksin, untuk meyakinkan orangtua dan masyarakat sekitar ponpes bahwa vaksin Covid-19 tidak berbahaya, dan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan di tengah pendemi ini,'' kata Septa Badoyo. (SL/OL-10)

BERITA TERKAIT