01 October 2021, 18:35 WIB

Cianjur Nihil RT Zona Oranye dan Merah Covid-19


Benny Bastiandy | Nusantara

KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, hingga pekan ini sudah tidak ada lagi lingkungan RT yang berzona oranye ataupun merah penyebaran covid-19. Hampir sebagian besar saat ini berzona hijau dan kuning.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, menyebutkan hasil evaluasi pekan ini, zona kuning hanya tersisa 40 RT. Sedangkan hampir semuanya merupakan zona hijau. "Sedangkan zona oranye dan zona merah sudah tidak ada," kata Herman seusai memimpin rapat evaluasi rutin mingguan pelaksanaan PPKM secara hybrid di Bale Prayoga Komplek Pendopo Cianjur, Jumat (1/10).

Herman menegaskan kondisi tersebur mengindikasikan penanganan covid-19 di Kabupaten Cianjur hingga sekarang masih cukup terkendali. Pekan ini hanya terdapat penambahan sebanyak 14 kasus konfirmasi. "Pekan lalu hingga hari ini penambahan kasus baru konfirmasi covid-19 hanya 14 orang," terang Herman.

Demikian juga dengan tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate) di sejumlah rumah sakit rujukan yang semakin berkurang. Herman menyebut di RS Pagelaran dan RS Cimacan sudah tidak ada pasien konfirmasi covid-19 yang dirawat.

"Tinggal di RSUD Sayang hanya beberapa orang lagi. Semuanya bagus. Terkendali," pungkasnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzy, menambahkan kasus baru konfirmasi covid-19 di Kabupaten Cianjur saat ini sudah cukup menurun drastis. Sepekan terakhir penambahannya hanya kisaran 15 kasus.

"(Penurunannya) sangat drastis. Seminggu ini hanya 15 orang yang terkonfirmasi covid-19 se-Kabupaten Cianjur," kata Irvan.

Demikian pula BOR di semua rumah sakit rujukan di Kabupaten Cianjur sudah terkendali. Rata-rata tingkat keterisian kurang dari 10%.

Namun Irvan mengingatkan masyarakat agar tidak bereuforia. Makin terkendalinya covid-19 saat ini justru harus jadi momentum terus meningkatkan pendisiplinan menerapkan protokol kesehatan yang diimplementasikan berupa gerakan 5M.

"Terutama memakai masker. Setiap beraktivitas, jangan sampai kita lengah dengan tidak memakai masker. Selalu gunakan masker," pungkasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT