01 October 2021, 18:09 WIB

Pemkot Segera Buka Kembali Kebun Binatang Surabaya


Faishol Taselan | Nusantara

PEMERINTAH Kota Surabaya, Jawa Timur berencana membuka kembali obyek wisata Kebun Binatang Surabaya. Saat ini, Surabaya masuk dalam level 1 Covid-19 sehingga dinyatakan risiko rendah.

Hal ini juga sesuai Surat Edaran (SE) tentang Panduan Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi dan Penerapan Prokes pada Uji Coba Pembukaan  Usaha Pariwisata Taman Rekreasi di Daerah dengan PPKM Level 3 di
Jawa-Bali. Surat Edaran bernomor SE/19/IL.04.00/DII/2021 itu memuat daftar Taman Rekreasi yang dilakukan uji coba penerapan prokes tahap I dan II di wilayah Jawa Timur.

"Pemkot segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk  melakukan uji coba pembukaan KBS,’ kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Jumat (1/10).

Eri menyebut, pembukaan uji coba itu akan dilakukan secepatnya. Namun, Pemerintah Kota Surabaya masih mempelajari terlebih dahulu SE itu bersama dengan pelaku usaha taman rekreasi yang dipilih. Sehingga, saat uji coba nantinya dapat berjalan sesuai dengan prokes yang berlaku.

"Masih kami rapatkan. Tapi, yang penting saat buka nanti tetap aman. Semoga minggu depan sudah bisa buka kembali," ujar Eri.

Meski demikian, Eri menjelaskan, pada masa uji coba itu, pelaku usaha pariwisata taman rekreasi wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Hal ini penting untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai dengan menggunakan QR Code aplikasi PeduliLindungi sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Prokesnya nanti tentu yang pertama, tidak ada bentuk pembayaran secara tunai, semuanya harus non-tunai. Kedua, jumlah pengunjung dibatasi hanya 25 persen dari kapasitas. Ketiga, harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi," sebutnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT