01 October 2021, 16:46 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Taman Air Goa Sunyaragi Mulai Meningkat


Nurul Hidayah | Nusantara

KUNJUNGAN wisatawan ke Taman Air Goa Sunyaragi Kota Cirebon, Jawa Barat, mulai menunjukkan peningkatan. Pengelola lokasi wisata tetap mengutamakan protokol kesehatan (prokes).

Pengelola wisata Taman Air Goa Sunyaragi, Jajat Sudrajat, menjelaskan sepanjang September wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut sudah mencapai ribuan. "Mulai 1 hingga 30 September jumlah wisatawan mencapai 1.956 orang," tutur Jajat, Jumat (1/10). Jika dirata-ratakan kunjungan wisatawan per hari mencapai 60 hingga 70 orang setiap hari.

Angka kunjungan ini, lanjut Jajat, tentu menggembirakan. Ini karena selama pembatasan aktivitas masyarakat lokasi wisata tersebut sepi pengunjung.

"Wisatawan masih didominasi keluarga," tutur Jajat. Sedangkan untuk bus wisata, menurut Jajat, baru ada dua yang mengunjungi wisata Taman Air Goa Sunyaragi.

Ke depan, Jajat berharap pandemi covid-19 semakin melandai. Harapannya, lokasi wisata yang terletak di ruang terbuka tersebut tetap ramai dikunjungi.

"Kami tetap mengutamakan prokes," tutur Jajat. Pengunjung harus menggunakan masker, telah divaksinasi, serta menyiapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer. Jumlah pengunjung juga dibatasi hanya 50% dari luas wisata Taman Air Goa Sunyaragi yang mencapai 15 ribu meter persegi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Agus Suherman menjelaskan saat ini geliat kunjungan wisatawan ke sejumlah lokasi wisata di Kota Cirebon memang sudah mulai terlihat. "Lokasi-lokasi wisata sudah banyak yang dikunjungi seperti keraton dan Taman Air Goa Sunyaragi," tutur Agus. Tingkat kunjungan akan terlihat tinggi saat weekend.

Namun pihaknya belum mendata kenaikan wisatawan tersebut. "Kami berharap pandemi covid-19 terus melandai," tutur Agus. Hanya, Agus tetap meminta kepada pengelola wisata untuk tetap mengutamakan prokes. (OL-14)

BERITA TERKAIT