01 October 2021, 15:22 WIB

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon Baru 23%


Nurul Hidayah | Nusantara

PENGIRIMAN vaksin covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berjalan lancar. Hanya, volumenya yang kurang sehingga capaian vaksinasi covid-19 masih rendah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni menjelaskan capaian vaksinasi covid-19 di daerahnya saat ini baru mencapai 23%. Padahal untuk mencapai herd immunity, warga Kabupaten Cirebon yang harus divaksinasi sebanyak 1.782.964 jiwa.
 
"Distribusi vaksin ke Kabupaten Cirebon berjalan lancar," tutur Enny, Jumat (1/10). Hanya, volumenya yang masih sedikit.

Dijelaskan Enny, untuk mencapai target vaksinasi di Kabupaten Cirebon dalam sehari harus mencapai 40 ribu dosis. Sedangkan saat ini dalam seminggu Kabupaten Cirebon mendapatkan kiriman vaksin sebanyak 20 ribu hingga 30 ribu dosis.

"Kalau tenaga kesehatan kami siap," tutur Enny. Lebih dari 100 tim sudah mereka siapkan untuk melakukan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Cirebon.

"Mudah-mudahan ke depan volumenya ditambah," tutur Enny. Harapannya, herd immunity di Kabupaten Cirebon bisa tercapai akhir tahun ini.

Menjelang pemilihan kuwu (kepala desa) serentak, pihaknya akan memprioritaskan distribusi vaksin covid-19 di 135 yang menggelar hajatan itu. "Adapun sasaran vaksinasi untuk 135 desa itu sebanyak 385 ribu," tutur Enny.

Mereka sudah mengajukan penambahan vaksin covid-19 tetapi terakhir pengiriman hanya 40 ribu. Itu pun, lanjut Enny sudah langsung didistribusikan ke puskesmas di desa yang menggelar pemilihan kuwu (pilwu). (OL-14)

BERITA TERKAIT