01 October 2021, 08:05 WIB

IKIPMu Maumere Wakili NTT di Final PIMNAS ke-34


Gabriel Langga | Nusantara

INSTITUT Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah (IKIPMu) Maumere, Kabupaten Sikka, NTT berhasil masuk ke final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021.

"Ini merupakan program dari Kemendikbud melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang diikuti oleh seluruh perguruan yang ada di seluruh
Indonesia. Jadi kalau ada mahasiswa yang bisa masuk ke ajang final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34  itu luar biasa karena yang
bersangkutan berhasil mengalahkan para mahasiswa se Indonesia. Kita apresiasi setinggi-tingginya mahasiswa dari IKIPMu Maumere, yang bisa masuk final di ajang PIMNAS 2021," ujar Sekretaris LLDikti XV NTT, Drs. Ade Erlangga Masdiana saat dihubungi mediaindonesia.com, Kamis (30/9).

IKIPMu Maumere merupakan salah satu kampus di Nusa Tenggara Timur yang karya ilmiah mahasiswanya lulus sampai final dalam ajang nasional kegiatan PIMNAS ke-34 yang akan berlangsung di Sumatera Selatan.

"IKIPMu Maumere bisa masuk sampai ke ajang nasional itu berarti representatif dari NTT dan representatif dari Maumere. Ini sangat baik," ujar Erlangga.

Dengan begitu, ia berharap peran pemerintah dan swasta yang ada di daerah, harus memberikan dukungan kepada IKIPMu Maumere sehingga ada kolaborasi antar pihak kampus dengan pemerintah dan swasta.

Ia meyakini dan sempat berdiskusi dengan Rektor IKIPMu Maumere yang memiliki visi yang bagus dalam pengembangan kegiatan-kegiatan kemahasiswaannya. "Saya yakin sekali kalau mahasiswa terus dibina oleh kampus, tentu nama Maumere bisa dikenal di bidang ilmu pengetahuan," ujar dia.

Untuk itu, dirinya berharap kedepannya, semua perguruan tinggi yang ada di wilayah LLDikti XV NTT harus terus mengasah dan membina mahasiswanya sehingga mampu mengembangkan dirinya untuk bisa terampil ke tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu, Rektor  IKIP Muhammadiyah Maumere Erwin Prasetyo mengatakan, ada 108 perguruan tinggi di Indonesia masuk final. Untuk wilayah Nusa Tenggara Timur hanya kampus IKIPMu yang masuk final PIMNAS tahun 2021.

"Untuk perguruan tinggi di wilayah LLDikti XV NTT ini hanya IKIPMu Maumere yang bisa lolos menjadi peserta PIMNAS ke 34 untuk tahun 2021," ujar dia.

Karya mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumare yang masuk final Pimnas 2021 ini berjudul; "Pemanfaatan Biji Kelor sebagai Koagulan Pada Pemurnian Air Sumur Kelurahan Waiwara Kabupaten Sikka"

"Selamat atas capaian kita semua, jaga semangat dan kekompakan, target sudah kita capai. Semoga di PIMNAS kita bisa berikan yang terbaik dan meraih juara," harap Erwin. (OL-13)

Baca Juga: Pemprov Kalteng Buka Kesempatan Industri Lokal kelola SDA

 

BERITA TERKAIT