30 September 2021, 06:34 WIB

Aktivis HAM Papua Michael Hilman Dukung Pelaksanaan PON XX


mediaindonesia.com |

AKTIVIS Hak Azasi Manusia (HAM) Papua, Michael Hilman, mendukung penuh pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 yang diselenggarakan di Jayapura, Papua.  

Terpilihnya Papua sebagai tuan rumah PON XX merupakan salah satu kebanggaan bagi Tanah Papua bisa menyelenggarakan salahsatu pekan olahraga tingkat nasional.

Karena itu, Michael mengajak masyarakat Papua untuk mendukung penuh PON ini agar dapat terselenggara dengan aman, damai dan tentram.

Ia juga menghimbau kepada seluruh pemuda Papua untuk tetap menjaga kondusifitas di Papua. 

“Selamat kepada masyarakat Papua yang menjadi tuan rumah. Mari rekan-rekan sekalian kita mendukung penuh PON ini agar bisa terselenggarakan aman, damai, dan tentram. Torang juga bisa, Tanah Papua bisa, kita semua bisa”,  ujar Michael Hilman, SH, MH, aktivis HAM yang juga berprofesi sebagai advokat di Jakarta,  pada keterangan pers, Kamis (30/9).

PON XX tahun 2021 diselenggarakan di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua pada 2– 5 Oktober 2021. Pesta olahraga nasional ini, semestinya diadakan pada tahun 2020, namun tertunda karena pandemi Covid-19.

Sebanyak 6.442 atlet dari 37 cabang olahraga (cabor) siap bertanding. Upacara pembukaan akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2021 dan rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Untuk mencegah terjadinya klaster baru Covid-19, seluruh atlet harus melakukan tes PCR begitu tiba diperkampungan atlet Papua," jelas Michael.  

"Pada saat pelaksanaan PON nantinya hanya 25% kapasitas stadion yang akan digunakan untuk penonton, tenaga kesehatan, petugas wasit dan sebagainya," tambahnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT