29 September 2021, 14:15 WIB

Didukung Kemendag, Madeinindonesia.com Ekspor Ikan Tuna ke Vietnam


Arnoldus Dhae | Nusantara

KEMENTERIAN Perdagangan mengakui dan mendukung peran Madeinindonesia.com dalam memfasilitasi ekspor produk perikanan. Hari ini, Rabu (29/9), Kemendag ikut menyaksikan pemberangkatan satu kontainer ikan tuna beku ke Vietnam dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan ekspor nasional. 

Bagi Madeinindonesia.com, ini kontainer yang ketiga dalam dua bulan terakhir hasil kemitraan dengan PT
Harta Lautan Indonesia. Ini hal yang cukup menggembirakan karena di tengah pandemi covid-19 permintaan ikan tuna masih tetap tinggi. Untuk pengiriman ketiga ini, ikan tuna seberat kira-kira 27 ton dengan nilai sebesar US$83 ribu.

Acara pelepasan ekspor ikan tuna beku itu disaksikan oleh Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan Marolop Nainggolan dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali I Wayan Jarta. Dalam sambutannya secara terpisah, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menyatakan apresiasi atas kegiatan ekspor produk perikanan.

"Kami sangat mengapresiasi upaya PT Harta Lautan Indonesia dalam upaya mendorong ekspor produk perikanan Indonesia ke pasar Vietnam dan negara ASEAN lain. Persaingan dan persyaratan pemasarannya sangat ketat," ujar Didi Sumedi.

Menurut Didi, kegiatan pelepasan ekspor merupakan bukti nyata keberhasilan produk perikanan Indonesia berkontribusi terhadap penguatan perekonomian nasional dan perlu terus didukung agar bisa dilakukan secara kontinu. "Dengan pelepasan ekspor ini, diharapkan dapat memacu pelaku usaha/IKM lain untuk lebih semangat dalam memasarkan produknya ke pasar internasional," ungkap Didi.

Dalam sambutannya, Direktur Madeinindonesia.com Kemal Panigoro mengatakan platform B2B ecommerce ini akan selalu siap membantu kegiatan ekspor dari Indonesia, baik bagi eksportir pemula maupun yang sudah berpengalaman. "Ini hal yang menggembirakan sebab pembeli sudah melakukan repeat order (mengulang pembelian) hingga saat ini sudah sampai pengiriman yang ketiga," ungkap Kemal. Madeinindonesia.com merupakan gerbang satu pintu untuk ekspor, dalam hal ini memfasilitasi tahapan ekspor mulai dari mencari pembeli, penyediaan logistik, sertifikasi, asuransi, perizinan, hingga pembiayaan (financing).

Baca juga: Perbankan Diminta Identifikasi UMKM yang Bisa Disalurkan Kredit

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada periode Januari-Juli 2021 Indonesia telah mengekspor 1,2 juta ton ikan tuna sirip kuning dengan total nilai US$4,8 juta ke seluruh dunia. Adapun pasar utama produk ikan tuna sirip kuning Indonesia pada tahun ini ialah Jepang (95,09%), Amerika Serikat (1,85%), Vietnam (1,55%), Australia (0,47%), dan Singapura (0,44%). (OL-14)

BERITA TERKAIT