28 September 2021, 10:45 WIB

Menikmati Soto Banjar, Kuliner Khas Masyarakat Banjar yang Lezat


Denny Susanto | Nusantara

SIANG di akhir pekan lalu, sebuah rumah makan di tepi Sungai Martapura, di kawasan Benua Anyar, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan ramai dikunjungi pembeli. Rumah makan, yang dikenal dengan sebutan Soto Bawah Jembatan ini menyajikan menu utama Nasi Sop dan Soto Banjar.

Jika di Jakarta ada Soto Betawi, di Jawa Timur ada Soto Surabaya dan Soto Lamongan, di Kalimantan Selatan ada Soto Banjar.

Soto Banjar merupakan kuliner khas masyarakat Banjar dan menjadi refrensi bagi para wisatawan yang datang ke Kota Seribu Sungai ini.

Baca juga: Pariwisata DIY Siap Bangkit

Berwisata ke Kalsel, tentunya tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner Nasi Sop dan Soto Banjar yang lezat ini. 

Menu kuliner lokal ini banyak disajikan di rumah makan, restoran, hotel, bahkan warung makan kaki lima di Kalsel, di samping kuliner dengan menu populer lainnya ikan sungai atau ikan air tawar seperti patin, sepat, papuyu, dan haruan.

Biasanya, para wisatawan yang berkunjung ke pasar terapung, pulangnya mampir ke rumah makan khas Soto Banjar yang ada di tepi Sungai Martapura. 

Di lokasi pasar terapung seperti Sungai Kuin dan Sermaga Siring Martapura juga ada warung terapung (perahu motor) yang menjual aneka makanan kue (wadai) dan Soto Banjar.

"Kota Banjarmasin dan daerah lain di Kalsel, tidak hanya memiliki potensi obyek wisata alam dan budaya, tetapi juga kuliner lokal termasuk Soto Banjar," ungkap Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, beberapa waktu lalu.

Nasi Sop dan Soto Banjar sejatinya adalah kuliner serupa dengan ciri khas kuah kaldu bercampur susu yang ditaburi rempah sehingga rasanya gurih. 

Rempah-rempah yang digunakan seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Umumnya kuah soto berisi potongan daging ayam, ayam yang disuwir, telur rebus,  ditambah perkedel, kentang dan irisan wortel.

Bedanya, jika Soto Banjar disantap menggunakan potongan ketupat, Nasi Sop menggunakan nasi. 

Selain kerupuk dan emping, menu tambahan dari Nasi Sop dan Soto Banjar adalah sate, juga paha ayam kampung (bapukah). 

"Soto Banjar adalah salah satu kuliner yang banyak digemari para tamu termasuk wisatawan mancanegara," ungkap Renny, manager Novotel, salah satu hotel Accor Grup di Banjarbaru. (OL-1)

BERITA TERKAIT