26 September 2021, 09:10 WIB

Tebing Fondasi Masjid di Desa Nasol Ciamis Longsor


Kristiadi | Nusantara

HUJAN deras yang menguyur beberapa wilayah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyebabkan tiga rumah mengalami kerusakan tertimpa longsor dan menutup akses jalan penghubung Desa Nasol menuju Desa Darmacaang pada Sabtu (25/9) malam. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa tetapi beberapa keluarga harus mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis, Ade Waluya mengatakan, hujan deras disertai petir terjadi di wilayahnya dan menyebabkan Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, mengalami longsor sehingga menimpa tiga rumah. Longsoran menutup akses jalan di 10 titik lokasi. Kejadian tersebut menyebabkan banyak warga tidak bisa menggunakan akses jalan karena tertutup material longsor.

"Untuk jalan penghubung Desa Nasol menuju Desa Darmacaang tertutup material longsor sepanjang 7 meter dan kedalaman 2 meter dari tebing setinggi 10 meter. Namun, sekarang petugas gabungan akan berupaya menyingkirkan material supaya masyarakat di perkampungan tersebut bisa menggunakan kembali akses jalan secara normal," katanya, Minggu (26/9).

Ia mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak sore hingga malam menyebabkan pula 22 keluarga terdampak. Bencana longsor berada di Dusun Cikuda, Dusun Sigung 1, 2, Dusun Palasari, Dusun Batumalang, dan Dusun Desa. "Untuk titik longsor yang paling parah terjadi di Dusun Sigung Satu, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Tebing tembok fondasi masjid tiba-tiba longsor hingga menimpa rumah warga. Akan tetapi, di Dusun Cikuda, Desa Nasol, menuju Desa Darmacaang, jalan tertutup longsor," ujarnya.

Baca juga: Maung Galunggung Tangkap Puluhan Remaja Pesta Miras Oplosan

Pihaknya bersama tim gabungan akan melakukan evakuasi material longsor yang telah menutup badan jalan. Para petugas lain berencana membersihkan puing-puing rumah. Pihaknya tetap minta agar masyarakat tetap waspada karena hujan deras masih akan terus terjadi. (OL-14)

BERITA TERKAIT