25 September 2021, 14:52 WIB

Kodim 0816 Sidoarjo Vaksinasi Seratus Kaum Difabel


Heri Susetyo | Nusantara

KODIM 0816 Sidoarjo melaksanakan vaksinasi dosis pertama untuk 100 orang kaum difabel, Sabtu (25/9). Vaksinasi tersebut disambut antusias kaum difabel yang dikoordinir sejumlah relawan. Para difabel yang menjalani vaksinasi ini di antaranya penyandang tuna netra, tuna rungu, tuna wicara dan tuna daksa. Mereka mendapat suntikan vaksinasi dosis pertama jenis sinovac.
 
Kaum difabel ini adalah salah satu kelompok masyarakat yang belum bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi massal. Maka dengan dikoordinir sejumlah relawan. Mereka akhirnya bisa menjalani vaksinasi dosis pertama.

Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol (Infanteri) M Iswan Nusi mengatakan, kaum difabel harus mendapatkan perhatian, karena mereka berhak mendapatkan vaksinasi seperti masyarakat umum. Namun karena keterbatasan fisik, mereka harus difasilitasi vaksinasinya untuk memutus penyebar covid-19.Â

"Bagi kaum difabel yang belum terlayani, kami juga sudah membentuk tim untuk melakukan vaksinasi dengan mendatangi ke rumah," kata Iswan Nusi.

baca juga: Vaksinasi Covid-19

Iswan Nusi menambahkan, dari target hampir 1,7 juta warga Sidoarjo yang divaksinasi, baru tercapai sekitar 65 persen untuk dosis pertama. Salah satu kelompok masyarakat yang belum tersentuh layanan vaksinasi adalah kaum difabel.

Para kaum difabel ini mengaku senang akhirnya bisa mendapatkan suntikan vaksinasi. Mereka mengaku sudah pernah mendaftar namun belum ada kesempatan vaksinasi. Mereka semakin gembira karena juga mendapatkan bantuan sosial setelah pelaksanaan vaksinasi.
 
"Rasanya lega bisa vaksinasi, karena dapat surat vaksinasi yang menjadi syarat kalau kita ke mana-mana," kata Supriyadi, salah satu peserta vaksinasi. (N-1)

 

BERITA TERKAIT