24 September 2021, 22:07 WIB

Serangan Pandemi Mulai Terkendali, Sumut Nihil PPKM Level 4


Yoseph Pencawan | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara memastikan saat ini kondisi pandemi di provinisi tersebut mulai terkendali. Ini dibuktikan dengan tidak adanya lagi daerah berstatus PPKM level 4.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Ijeck) mengutarakan, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Sumut telah menunjukkan hasil positif. "Terbukti dengan tidak adanya lagi kabupaten/kota yang berada dalam level 4," ujarnya, Jumat (24/9).

Dia memaparkan, dalam beberapa waktu terakhir Sumut telah melakukan berbagai upaya progresif dalam menekan tingkat penularan Covid-19. Upaya itu terutama tindakan-tindakan yang berkaitan dengan vaksinasi bagi masyarakat dan tenaga kesehatan serta pembatasan mobilitas sosial melalui instrumen PPKM berskala mikro.

Hasilnya, saat ini dari 33 kabupaten dan kota yang ada di Sumut tidak ada lagi yang berstatus level 4, termasuk Kota Medan.

Tiga hari lalu status Medan sudah turun menjadi level 3. Saat ini sekolah-sekolah, bioskop dan tempat-tempat umum lain sudah dibuka kembali meski masih dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Secara keseluruhan, lanjut Ijeck, sebanyak 11 daerah di Sumut saat ini berstatus pandemi level 3 dan 21 daerah lain berstatus level 2. Sementara satu daerah sudah berstatus level 1. "Dapat disimpulkan bahwa laju penyebaran virus korona di Sumut secara perlahan sudah dapat terkendali," katanya.

Namun Wagub berharap seluruh warga Sumut tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan membatasi aktivitasnya di luar rumah dari kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT