24 September 2021, 20:56 WIB

Pencegahan Penularan Covid-19 Tergantung Kesadaran Bersama


Mediaindonesia.com | Nusantara

SATUAN Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menyatakan pencegahan penularan virus korona baru itu di daerah setempat tergantung kesadaran bersama seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kesehatan diri dan orang lain.

"Pencegahan penyebaran virus korona tergantung dari kesadaran bersama dan saling waspada diri dengan komitmen menjaga diri sendiri dan orang lain," kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nunukan, Asmin Laura Hafid, di Nunukan, Jumat (24/9). 

Hingga saat ini, angka kesembuhan pasien covid-19 di daerah itu mencapai 95,02% atau 5.707 orang dari total terkonfirmasi positif 6.020 orang, sedangkan meninggal dunia 131 orang, dan masih dirawat di rumah sakit, serta isolasi mandiri 182 orang. Ia mengatakan tingginya angka kesembuhan pasien covid-19 di daerah itu tidak lepas dari kesadaran seluruh elemen masyarakat dalam memperketat penerapan protokol kesehatan.

Sehubungan dengan tingginya angka kesembuhan dan angka kematian hanya 2,18%, katanya, 21 kecamatan di Kabupaten Nunukan tidak ada lagi yang berstatus zona oranye dan merah. Bahkan, kata Asmin Laura Hafid, yang juga Bupati Nunukan itu patut disyukuri bahwa saat ini tiga kecamatan sudah berstatus zona hijau, yakni Lumbis Pansiangan, Krayan Tengah, dan Krayan Selatan.

Sebanyak 18 kecamatan lain berstatus zona kuning, termasuk Nunukan dan Nunukan Selatan serta lima kecamatan di Pulau Sebatik yang zona oranye hingga merah selama ini. Laura--sapaan sehari-hari--tak henti-hentinya mengajak seluruh masyarakat senantiasa disiplin prokes meskipun telah menjalani vaksinasi hingga dua kali atau bahkan sudah tiga kali. 

Baca juga: Tingkatkan Imun, Dekranasda NTT Luncurkan Minuman Berbahan Kelor

Rendahnya angka positif saat ini, katanya, karena semakin banyak masyarakat divaksinasi. Bahkan, masyarakat Kabupaten Nunukan saat ini semakin sadar pentingnya vaksinasi tersebut. (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT