24 September 2021, 17:38 WIB

Tidak Kuat Menanjak, Truk Sampah Terguling di Jalan Kolonel Masturi


Depi Gunawan | Nusantara

TRUK pengangkut sampah mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Kolonel Masturi Kpung Keramat, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (24/9) pagi. Kecelakaan itu terjadi sekira pukul 04.30 WIB saat truk berpelat D 8261 TFmelaju  dari arah Lembang.

Sesampainya di lokasi, truk tersebut tidak kuat menanjak sehingga sopir tidak bisa mengendalikan kendaraannya. Setelah itu, truk mundur sekitar 7 meter kemudian menabrak benteng hingga terguling di tikungan jalan. Beruntung dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa karena lalulintas masih sepi.

Saat mobil mundur, Diki mmembanting setir ke arah kiri lantaran di belakangnya melaju kendaraan sepeda motor. Truk berhenti setelah menabrak benteng dan tiang listrik. Truk pengangkut sampah mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Kolonel Masturi Kampung Keramat, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jumat (24/9) pagi.

Kecelakaan itu terjadi sekira pukul 04.30 WIB. "Setelah itu, truk mundur sekitar 7 meter kemudian menabrak benteng hingga terguling di tikungan jalan. Beruntung dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa karena lalu lintas masih sepi. 

"Tadi sedang mengangkut sampah dari desa ke Cipatat (TPSA Sarimukti). Saat tanjakan, mobil mau dioper gigi tapi gagal karena ada kendala mesin," kata Diki.

Saat mobil mundur, Diki membanting setir ke arah kiri lantaran di belakangnya melaju kendaraan sepeda motor. Truk berhenti setelah menabrak benteng dan tiang listrik. "Alhamdulillah, tidak sampai ada korban. Saya dan dua orang kernet juga enggak apa-apa," ucapnya.

Kendaraan nahas itu berhasil dievakuasi sekitar pukul 11.00 oleh truk sampah yang datang ke lokasi. Warga sekitar dibantu aparat Polsek Lembang mengatur lalu lintas.

Baca juga: Satgas Covid-19 Kabupaten Ciamis Awasi tiap Sekolah

Seorang relawan bencana, Dedang Kurnia, dari Ikatan Keluarga Taruna Mandiri (IKTM) Lembang menerangkan di Jalan Kolonel Masturi rawan terjadi kecelakaan terutama kendaraan besar seperti truk dan bus. "Di wilayah ini sering kejadian dengan penyebab sama, tidak kuat menanjak atau rem blong. Kami imbau pengguna kendaraan hati-hati melintasi jalan ini," terang Dedang di lokasi kejadian. (OL-14)

BERITA TERKAIT